Menu Close

COVID MENGGILA, TINGKATKAN KERJASAMA

Demak, 13 Juni 2020
Pagi ini, Kabupaten Demak dalam penyebaran covid-19 berada pada titik yang memprihatinkan, karena dalam waktu satu minggu jumlah orang yang terkonfirmasi positif mengalami penambahan yang signifikan tiap harinya antara 7 sampai 10 kasus baru per hari. Seperti dilaporkan dalam website corona kabupaten Demak http://corona.demakkab.go.id jumlah OTG : 839, ODP : 689, PDP : 129, dan positif : 123, untuk rincian yang positif, masih dalam perawatan di rumah sakit orang, dikarantina/isolasi orang, sembuh orang dan meninggal.
Tanggal 1 juni 2020 jumlah terkomfirmasi positif sejumlah 60 kasus, sedangkan tanggal 12 Juni 2020 yang terkonfirmasi positif sejumlah 123, ada kenaikan 100% lebih yang terkonfirmasi positif. Hal inilah yang menjadikan para Pimpinan Daerah yang juga sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Kecamatan untuk meningkatkan upaya pencegahan penularan covid terutama pada titik-titik klaster penyebaran yang menyumbang paling banyak seperti pasar, pedagang kaki lima dan lain-lain.
Dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Demak tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Demak, Asisten I, plt. Asisten II yang juga Kepala Dinas Kesehatan serta Asisten III, Beberapa Kepala OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Demak tersebut Sekda mengatakan :”Sampai hari ini yang meninggal karena terkonfirmasi positif dan PDP sudah mencapai 72 orang, padahal standar pencegahan sudah kita lakukan, sehingga hari ini perlu kita evaluasi pada titik mana yang belum atau belum maksimal kita lakukan”
Lebih lanjut Sekda mengatakan : “hal yang perlu kita evaluasi adalah kegiatan edukasi dan sosialisasi masih kurang masif dan kurang tersruktur, lemahnya penindakan bagi para pelanggar aturan dan kurangnya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam mentaati peraturan, padahal dengan kita memakai masker itu sudah 40% mengurangi proses penularan ditambah cuci tangan pakai sabun dan social distancing bisa mencapai 80% sampai 90% dapat mencegah tertular covid-19”.
Wakil Bupati Demak memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para personil gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 baik ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan yang telah berusaha secara maksimal dalam menangani penyebaran covid-19 di Kabupaten Demak. Beliau juga mengatakan “kita harus membiasakan diri dalam tatanan hidup baru atau new normal seperti selalu pakai masker, selalu cuci tangan pakai sabun dan selalu menjaga jarak dengan orang. Kebiasaan baru ini dimungkinkan akan berlangsung lama sehingga kebiasaan pertemuan akan diganti dengan vidcon, pengajian dengan pembatasan peserta, tahlilan kematian diatur dan lain-lain. Untuk itu kita harus siap dengan kondisi seperti itu”.
“Solusi yang harus kita lakukan adalah melipatgandakan edukasi dan sosialisasi, libatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat, memobilisasi semua potensi, tingkatkan koordinasi dan komunikasi antar gugus tugas dan tidak saling menyalahkan” pungkas Sekda. (agp_kominfo)

Bagikan