Menu Close

KPU Demak Aktifkan Badan Penyelenggara Pilbup Dalam Gelaran Pilkada Serentak

Demak – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak siap menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020. Pilkada yang digelar serentak rencananya dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk itu KPU Demak mulai melanjutkan sejumlah tahapan yang tertunda karena adanya pandemi Covid-19 diantaranya pelantikan dan masa kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan, pembentukan dan masa kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih.

“Tentunya KPU Demak akan selalu berpedoman pada protokol kesehatan Covid -19 dalam menyelenggarakan setiap tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020 dengan mengutamakan keselamatan penyelenggara, pemilih, peserta dan stakeholder lainnya”, kata Bambang Setya Budi Ketua KPU Demak saat Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020, Selasa (16/6/2020).

“Di masa pandemi covid-19 pada pemilihan kepala daerah ada penambahan TPS, pada rencana awal disiapkan 1600 TPS kemudian naik jumlahnya menjadi 2206 TPS”, kata Ketua KPU.

Ditambahkan Bambang terkait SDM, “KPU Kabupaten Demak pada 15 Juni 2020 telah mengaktifkan Badan Penyelenggra Pilbup Demak sejumlah 1606 anggota yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berjumlah 70 anggota dan 42 orang sekretariat PPK dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Demak”.

Panitia Pemungutan Suara berjumlah 745 anggota dari 244 desa/kelurahan. Pengangkatan 747 Sekretariat PPS dari 244 desa/kelurahan. Termasuk pengambilan sumpah janji/ pelantikan Pengganti Antar Waktu, yakni dua anggota PPS yang terdiri dari satu anggota PPS Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah dan satu anggota PPS Desa Tridonorejo Kecamatan Bonang.(kominfo)

Bagikan