Menu Close

JELANG IDUL ADHA PETERNAK SIAP PASOK HEWAN QURBAN

Demak– Tidak lama lagi hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban umat Islam diperingati. Peringatan yang tidak lepas dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban mulai dari kambing ,sapi atau kerbau. Hal seperti inilah yang ditunggu para peternak karena pada bulan qurban inilah merupakan momen bagi mereka menuai hasilnya. Seperti halnya H Karno, peternak kerbau yang tinggal di desa Kedungkarang kecamatan Wedung ini telah menyiapkan kerbau untuk dijual bagi yang membutuhkan.

Di desa Kedungkarang masih ada tujuh orang peternak kerbau yang setiap setahun sekali memasok hewan kurban kerbau untuk desa sendiri dan tetangga sekitarnya. Rata rata mereka menjual 2-3 kerbau dalam setahunnyahingga ada sekitar 15 kerbau yang dijual untuk digantikan yang remaja lagi. Peternakan kerbau di desa Kedungkarang sudah ada puluhan tahun yang lalu merupakan usaha kegiatan ekonomi turun temurun.

Haji Karno peternak kerbau dari desa setempat pada mengatakan, Dulu ketika tanah persawahan masih luas jumlah peternak kerbau di Desa Kedungkarang ada puluhan orang. Namun seiring berkurangnya tanah pertanian karena berubah area tambak jumlah peternak kerbau menurun drastis. Dia mengaku yang masih bertahan sebagai peternak mulai muda hingga sekarang.

”Kalau dihitung saya ternak kerbau sudah lebih 50 tahun ,karena jaman saya joko belum kawin sudah angon kerbau hingga sekarang”.

Saat ini Haji Karno mempunyai 11 kerbau ,3 diantaranya siap dijual bagi yang ingin Qurban. Biasanya kerbau untuk qurban yang bagus dan gemuk harganya berkisar Rp 20 juta – 25 juta.

”Ya hasil dari ternak kerbau ini saya bisa beribadah haji , menyekolahkan anak ,hajatan mantu dan keperluan lainnya. Setelah tua ini saya fokus ternak kerbau tidak membuat garam di tambak“, ujar mantan petani garam.

Beternak kerbau menurut Haji Karno tidaklah sulit hanya butuh kesabaran dan ketelatenan. Misalnya pagi hari dan sore hari membawa kerbau ke padang rumput. Membuatkan kandang yang nyaman untuk kerbau dan juga menyediakan pakan dan minuman di kandang. Untuk lahan hijau di Desa Kedungkarang masih luas sehingga untuk keperluan makan ternak kerbau masih cukup banyak. Sehingga warga yang ingin beternak kerbau merupakan peluang.

”Memang modal beternak kerbau cukup lumayan banyak satu ekor kerbau siap beranak sekitar Rp 15 Jutaan. Agar nyucuk paling sedikit kerbau yang dipelihara minimal 3 ekor kerbau”, pungkasnya (kominfo).
Sumber Muin.

Bagikan