Menu Close

TREN PENAMBAHAN COVID-19 DI DEMAK TURUN

Demak, 10 Juli 2020 – Selama bulan juni 2020, di Kabupaten Demak orang yang terkonfirmasi positif covid-19 mengalami lonjakan yang luar biasa, perhari terjadi penambahan rata-rata 10 sampai 15 kasus baru. Sebagaimana disampaikan oleh juru bicara Tim penanganan Covid-19 yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes “pada bulan juni kemarin memang grafik orang yang terlaporkan positif covid-19 meningkat dikarenakan pemerintah Demak gencar melakukan rapid test dan dilanjutkan dengan test swab, sehingga orang yang di rapid yang kemudian di swab ternyata ada yang positif inilah yang menyebabkan grafiknya naik. Tidak ada kluster baru, itu adalah sebagai akibat dilakukannya rapid test dan swab test yang dilakukan secara masif”.

Dr. Singgih Setyono, M.Kes juga menjelaskan bahwa Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Demak sudah menjalankan apa yang direkomendasikan oleh WHO dalam menangani covid-19 ini yaitu testing melalui rapid test yang sudah dilakukan terhadap lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) orang, setelah testing dilakukan tracing untuk menemukan siapa saja yang telah melakukan hubungan personal dengan pasien positif covid-19, setelah diketahui positif maka dilakukan isolasi, isolasi dapat dilakukan dirumah bagi yang sehat dengan tetap menjalankan protocol kesehatan yang ketat, untuk yang ada keluhan, akan dirawat di Rumah Sakit.di Rumah Sakit tentunya dilakukan treating atau pengobatan. Hal inipun sudah disampaikan pada Gubernur Jawa Tengah.”

Lebih lanjut dr. Singgih menyampaikan “Salah satu penyebab angka orang yang terpapar covid-19 di Demak cukup tinggi karena kedisiplinan dan ketaatan serta kepedulian warga untuk melakukan protocol kesehatan masih kurang, seperti belum nyadar dalam penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun dan yang lebih parah lagi masyarakat menterjemahkan New Normal dianggap kehidupan sudah mulai normal lagi”.

Data terakhir di website corona demak (corona.demakkab.go.id) sampai tanggal10 Juli 2020 OTG dalam pantauan 397 orang, ODP proses pemantauan 0 orang, PDP dalam pengawasan 66, dan total positif covid-19 sebanyak 562. Positif covid-19 terdiri dari dalam perawatan 96 orang, isolasi 231 orang, sembuh 140 orang dan meninggal 95 orang. (agp_kominfo)

Bagikan