Menu Close

Webinar PPID, Melayani Informasi Ditengah Pandemi

Demak – Dinas Kominfo Kabupaten Demak melalui PPID utama mengikuti Webinar (seminar melalui daring). Webinar yang diselenggarakan oleh PPID Bappeda Propinsi jawa Tengah bertemakan Keterbukaan Informasi Publik di Era New Normal Menuju Masyarakat Yang Informatif diikuti seluruh PPID utama dan pembantu se Jawa Tengah, Jumat( 24/7/20).

Webinar yang dilaksanakan menampilkan 2 nara sumber dari ketua Komisi Informasi Propinsi Sosiawan dan kepala dinkominfo propinsi Rina RatnaNingrum. Diawal materinya, Sosiawan menyampaikan bahwa saat ini dimasa pandemi covid-19 telah memasuki era progres paradoks artinya kemajuan yang dicapai diiringi dampak yang ada. Sebagai contohnya masyarakat telah disatukan dalam forum yang terkoneksi secara virtual.

“Dengan digunakanya tehnologi informasi di masa pandemi tidak terlepas dari era anomali informasi yang mana banyaknya informasi disebarkan dan diterina masyarakat sehingga mereka sulit membedakan informasi yang valid maupun hoax”, tambah Sosiawan.

Terkait pertanyaan dari biro hukum propinsi jateng tentang permintaan informasi masyarakat yang menyangkut detail nama dan alamat pasien terpapar covid- 19, Ketua KI Sosiawan menyampaikan, “Sampai saat ini belum ada kesimpulan atau kesepakatan bersama baik di daerah maupun pusat. Meskipun demikian perlu pengkajian yang arif dengan melihat sisi kemaslahatan tanpa menyebut secara detail baik nama dan alamat. “Bisa menggunakan inisial dan kawasan atau daerahnya.

Sementara kepala dinas kominfo propinsi Reina Ratna Ningrum menyampaikan, Dalam melaksanakan tugasnya, PPID memberi pelayanan informasi dimasa pandemi ini terap berpedoman pada protokol kesehatan dan harus dipatuhi tanpa tawar menawar.
“Pelayanan permintaan informasi tetap berjalan dengan memanfaatkan IT atau daring maupun virtual. Sehingga pelayanan informasi terus berjalan sehingga target kinerja tercapai”, jelas Reina RatnaNingrum. (kominfo)

Bagikan