Menu Close

Open Data Wujudkan Demak Satu Data

Demak – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak melaksanakan desk open data untuk OPD se kabupaten, Selasa ( 4/8/20). Kegiatan desk yang dilaksanakan oleh Bidang Komunikasi dan Statistik di ruang rapat dinas, diikuti kasubag program dan admin OPD secara bertahap selama 4 hari sampai Jumat mendatang.

Kepala Bidang Komunikasi dan Statistik Agus Pramono menjelaskan, tujuan dilaksanakanya desk open data untuk menyamakan persepsi berbagai jenis data yang menjadi kewenangan OPD.
“Di masing-masing OPD memiliki beragam data Sehingga perlu untuk disamakan persepsinya. Dengan begitu tidak terjadi tumpang tindih antar data OPD antara satu dan lainya.”

“Dalam melaksanakan tugas ini tidak ringan, sehingga dibutuhkan komitmen bersama dan semangat untuk membangun daerah demi mewujudkan satu data demak.” harap Agus.

Dengan adanya open data diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mencari data di kabupaten Demak.

“Selain beragam data yang dapat diakses oleh publik, dinkominfo juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi publik , yang dapat diakses melalui website PPID”.

“Kami berusaha memberikan layanan informasi yang mudah, murah, cepat tidak ribet, hal ini selaras dengan predikat kabupaten Demak yang Informatif.” jelasnya.

Ditambahkan, sedangkan kehadiran Open Data dapat menunjang pangkalan data yang merupakan bagian dari program Demak smart city yang telah dibangun sebelumnya. (kominfo)

Bagikan