Menu Close

RGI Kedungmutih Hasilkan Garam Berkualitas

Demak(06/08) – Show Room Garam Koperasi  Roma yang berada di Desa Kedungmutih Kecamatan Wedung Kabupaten Demak dapat menghasilkan garam yang berkualitas bagus. Teknologi Rumah Garam Industri atau RGI yang diperkenalkan oleh Sudarto pakar garam dari Kementrian Perindustrian, memberikan kemudahan bagi petani garam untuk mengasilkan garam dengan standar tinggi.

 

Dengan teknologi RGI, hasil garam dari Desa Kedungmutih semakin banyak permintaan dari dunia industri. Selain itu garam yang dihasilkan memiliki harga jual tinggi yakni  Rp 1000,- per kg, dibandingkan dengan hasil garam dari petani lain yaitu Rp 300,- per kg, dengan harga jual yang terpaut cukup banyak.

 

Musa Abdullah Pengurus Koperasi Roma mengatakan, ”dengan adanya teknologi Rumah Garam Industi atau RGI, garam yang dihasilkan memiliki kulitas industri. Meskipun biaya operasional yang dibutuhkan dalam pembuatan RGI cukup besar, tetapi pendapatan yang didapatkan dari hasil panen dapat menutupi biaya operasional”. Musa mengharapkan, dapat mengajak pentani garam untuk beralih teknologi dalam pertanian garam. Tetapi kendala yang sedang dihadapi saat ini, masyarakat sulit untuk mengikuti perkembangan teknologi. Hal itu kembali lagi pada pola pikir masyarakat dan ketersediaan modal dalam pembuatan RGI. (Isti_Kominfo)

Bagikan