Menu Close

Maksimalkan Pendistribusian Kartu Tani

Demak – Guna penebusan pupuk bersubsidi bagi petani diwajibkan menggunakan kartu tani mulai bulan September 2020. Untuk memperlacar proses penebusan Dinas Pertanian  bersama BRI melakukan pencetakan kartu dan pendistribusiannya sampai ke tingkat petani.

 

Jumlah kartu yang tersedia sebanyak 96.594, sementara yang sudah di bagikan kepada petani 82.972, sedangkan 13.622 kartu masih dalam proses pendistribusian.

 

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan, Ir Wibowo  melalui Kabid Sapras dan Penyuluhan, Sri Lestari Rabu(12/8/20) mengatakan “Beberapa kecamatan yang sudah selesai pendistribusiannya yakni Wedung, Mijen, Sayung, Mranggen, Guntur sedangkan kecamatan lainnya masih dimaksimalkan sampai  25 Agustus 2020”.

 

“Tetapi sampai saat ini implementasi penebusan pupuk bersubsidi belum berjalan secara lancar, untuk itu persiapan untuk menebus pupuk bersubsidi 100% maka kita harus mempersiapakan kartu tani terlebih dahulu”.

 

“Kebutuhan pupuk untuk setiap petani sudah tercatat dalam RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani) untuk itu kebutuhan mereka berbeda-beda”, lanjutnya.

 

Sri Lestari menambahkan, “keuntungan mempunyai kartu tani sendiri terdapat 6 tepat yaitu tepat sasaran subsidi sampai petani, tepat mutu, tepat kualitas, tepat harga, tepat jenis pupuk yang di butuhkan, dan tepat jumlah pupuk yang diperlukan. Untuk pengambilan pupuknya sendiri dapat dilakukan di pedagang pupuk eceran yang sudah mempunyai EDC”. (Isti_kominfo)

Bagikan