Menu Close

Kiat Khusus Kepala DinKominfo Mengatasi Berita Hoax

Demak – Berita hoax atau palsu santer terdengar di dunia maya. Mudahnya penyebaran pesan membuat hoax berkembang dengan cepat. Dalam hitungan menit, informasi yang di unggah dapat menyebar dan di banjiri berbagai tanggapan dari pengguna media sosial. Tidak jarang, hal tersebut akan menimbulkan komentar negatif.

 

Sebagai generasi yang hidup di era tsunami komunikasi, masyarakat di tuntut untuk berhati-hati dalam mengolah informasi yang mereka terima. Tidak hanya menelan mentah-mentah berita yang di dapat, masyarakat harus pandai memilah mana informasi yang valid dan informasi palsu .

 

Seperti saat ini, penggunaan tehnologi informasi di masa pendemi tidak terlepas dari era anomali informasi, dengan banyaknya informasi disebarkan dan diterima masyarakat sehingga sulit membedakan informasi yang valid maupun hoax. Untuk itu masyarakat perlu mengenali ciri-ciri dari pesan yang diterima.

 

Menanggapi kondisi demikian Kepala Dinas Kominfo, Endah Cahyarini menyampaikan, “Terlebih dahulu kenali ciri-ciri dari berita yang disampaikan. Bagaimana kejelasan sumber berita, apakah berita tersebut menciptakan kecemasan di masyarakat, hindari pesan yang meyerang, hindari judul dan pengantar yang provokatif dan jika pesan tersebut minta di viralkan atau di share sebaikkan hindari informasi tersebut”,Jum’at (14/8/20).

 

“Cari perbandingan dari sumber lain dari pesan yang kita terima, tanyakan kepada orang-orang yang mempunyai kapabilitas untuk itu. Jangan sampai terkena UUD ITE”, tambahnya. (Isti_kominfo)

Bagikan