Menu Close

Sambut HUT Kemerdekaan, Ngonthel Berkostum Perjuangan

Demak- Beragam kegiatan menyambut HUT kemerdekaan, banyak warga yang mengaktualisasikan dengan cara unik dan menarik. Seperti yang dilakukan  Komunitas pecinta sepeda tua yang tergabung dalam Organisasi Genjot Lawas Kali Jaga ( OGLEK) Minggu (16/8/20) untuk menyambut HUT RI ke 75. Komunitas ini menyelenggarakan Ngonthel bareng bertema Kemerdekaan dengan berkostum perjuangan. Berpenampilan ala pejuang  Dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. Kurang lebih 20 orang berkumpul di alun alun simpang enam dengan berbagai kostum bertemakan perjuangan tempo dulu. Mereka melengkapi sepedanya dengan bendera merah putih dan berhias dengan perlengkapan tempur ala jadul.

 

Humas Oglek Rudy Ryan mengatakan   Ngonthel kemerdekaan ini mewajibkan anggota berkostum perjuangan. ” Dengan berkostum tema perjuangan  kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berjuang hingga menghantarkan kemerdekaan negara kita, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anggota dan memotivasi masyarakat yang melihatnya untuk cinta tanah air”, jelas Rudy.

 

Meski saat ini negeri kita sedang dilanda pandemi yang berdampak pada setiap sendi kehidupan masyarakat, dengan ngonthel kemerdekaan ini kita tunjukan masih memiliki semangat , motivasi  dan  kembali bangkit untuk negeri, tambahnya.

 

Sementara ketua Oglek Sunu Dwi Sudarso didepan anggota komunitas menyampaikan, ” Keberadaan sepeda jadul tidak lepas dari sejarah perjuangan bangsa,  untuk itu selain menjaga kelestarian sepeda jadul ini, kita juga mengenang jasa jasa pahlawan yang berjuang mempertahankan negeri ini”.

 

Sebelum berangkat mengayuh keliling kota Wali anggota oglek menyanyikan lagu Indonesia raya dan berdoa untuk arwah para pahlawan yang telah gugur dalam berjuang merebut kemerdekaan RI. ( kominfo)

Bagikan