Menu Close

Tirakatan Di Tengah Pandemi, Berjuang Melawan Virus

 

Demak- Bulan Agustus merupakan bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia yang meraih kemerdekaan dari perjuangan melawan penjajahan. Setiap tanggal 17 Agustus seluruh elemen masyarakat merayakan peringatan HUT RI. Seperti halnya yang dilakukan warga desa katonsari Demak, Sehari sebelum peringatan kemerdekaan, Minggu (16/8/20) malam melaksanakan Tirakatan.

Tradisi Malam Tirakatan masih banyak dilakukan masyarakat sebagai ungkapan syukur kepada sang khalik atas diberikanya kemerdekaan bangsa Indonesia. Warga Katonsari khususnya Rt 01 Rw 02. Dimalam tirakatan melakukan doa bersama dan tasyakuran.

Kegiatan yang dihadiri kades setempat, Mafud, merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Pada malam tirakatan HUT RI ke 75 Mahfud mengatakan, ” Meskipun peringatan kemerdekaan dibatasi kegiatanya namun kita sebagai anak bangsa tetap melaksanakan doa dan tasyakuran meski sederhana, dan tidak mengurangi khidmat dan makna dari peringatan ini”. jelas kades.

kepada warga dirinya berpesan untuk selalu mengingat dan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia terutama bagi para pemuda desa dalam mengisi kemerdekaan ini.
Kades juga mengimbau warganya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk perjuangan Warga Indonesia melawan pandemi covid-19. ( kominfo)

Bagikan