Menu Close

Kibarkan Merah Putih Di Pantai, Ratusan Peserta Di Atas Perahu

Demak — Ada keunikan tersendiri yang dilakukan warga pesisir tambak bulusan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 75. Mereka para nelayan sengaja menampilkan sesuatu yang berbeda dalam menyambut peringatan HUT RI  namun tidak meninggalkan nilai dan makna dari peringatan kemerdekaan itu sendiri. Seperti yang dilakukan warga disekitar destinasi wisata pantai istambul ini, mekakukan upacara  HUT RI Ke 75 dengan Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Pantai Glagah Wangi Tambak Bulusan Karangtengah.

Pelaksanaan peringatan HUT RI didukung dan dibina oleh Kodim 0716 serta Polres Demak. Warga Tambak Bulusan beramai ramai menuju pantai istambul  menggunakan Perahu . Tak ketinggalan aparat polri, TNI, Kecamatan dan desa turut serta dalam acara ini. Pantai Istambul yang dikenal sebagai pantai terindah dengan rimbunya hutan mangrove sengaja dipilih untuk mengibarkan bendera dalam peringatan kemerdekaan.

Ratusan perahu yang berhiaskan merah putih dinaiki peserta upacara bergerak dari dermaga kecil  menuju  pantai istambul sejauh  5 km. Upacara dipimpin Dandim Letkol M Ufiz dan Kapolres AKBP Andhika Bayu Adhitama. Tiga orang petugas pengibar bendera mengibarkan pada tiang yang sudah disiapkan di bibir pantai. Sedangkan ratusan peserta mengikuti upacara diatas perahu. Puluhan perahu tersebut  tekah membentuk formasi 75  17 8 1945.

Dandim 0716/Demak mengatakan, peserta upacara yang berasal dari unsur TNI/Polri, nelayan, pelaku wisata, relawan, Basarnas , pelajar dan masyarakat umum tersebut mencapai 800 orang.

” Kini kita angkat untuk mengembalikan geliat kepariwisataan Demak khususnya wisata pantai yang sempat turun karena dampak Virus Covid-19. Masih banyak wisatawan yang trauma untuk berkunjung ke Pantai khususnya di Demak,” paparnya.

Ditambahkan Dandim, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk peringatan 17 Agustus 2020 di Pantai Istambul. Berdasarkan pengalaman, ratusan warga ini menjadi peserta  setiap tahunya untuk  mengikuti upacara pengibaran bendera di Pantai ini. ( kominfo)

 

Bagikan