Menu Close

LAKSANAKAN SMD UNTUK WUJUDKAN DESA SEHAT MANDIRI

 

Demak – Survei Mawas Diri atau disingkat SMD adalah kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan atau perawat di desa.

Belum lama ini Desa Buko telah melakukan SMD dengan menyiapkan Sebanyak 20 orang meliputi kader kesehatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan pemangku kebijakan di desa dengan mematuhi. Peserta di wajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir dan jaga jarak antar peserta. Acara Survei Mawas Diri (SMD) ini dipandu langsung Petugas Kesehatan dari Puskesmas Wedung I Kabupaten Demak.

Kepala Puskesmas Wedung I, dr. Urip Suprihadi, M. Kes, yang membuka acara acara Survey Mawas Diri ini menyampaikan,
Survei Mawas Diri (SMD) sangat penting untuk dilaksanakan agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, masyarakat mampu mengenal, mengumpulkan data dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri, timbulnya minat dan kesadaran untuk mengetahui masalah-masalah kesehatan dan pentingnya masalah tersebut segera diatasi, serta mampu untuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki. Hasil SMD Puskesmas kemudian akan menjadi dasar untuk menyusun pemecahan masalah yang dihadapi.( kominfo)

Bagikan