Menu Close

Gelar Operasi Penegakan Perbup, Satpol PP Jaring Warga Pelanggaran Protkes

 

Demak – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Demak lakukan penerapan disiplin dan penegakan protokol kesehatan. Operasi yang dilaksanakan di depan kantor bupati tersebut sebagai bentuk upaya pencegahan dan pengendalian covid-19. Melihat Kabupaten Demak menjadi wilayah yang rentan dalam penyebaran virus korona.

Berdasarkan peraturan Bupati nomor 68 tahun 2020 pasal 6 tentang peraturan perorangan diantaranya menggunakan alat pelindung diri berupa masker saat keluar rumah, mencuci tangan secara teratur dan pembatasan interaksi fisik (physical distancing).

Senin (24/08/20), dari hasil operasi yang dilakukan terjaring sebanyak 61 orang yang tidak menggunakan masker saat berada luar rumah, beberapa diantaranya anak di bawah umur. Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah, Sardi Teong menuturkan,”untuk warga di bawah umur yang ikut terjaring kami beri edukasi dan sosialisasi serta hukuman untuk menghafal pancasila”.

Bagi warga yang melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi sesuai pasal 9 Perbup Demak berupa teguran lisan dan menyanyikan lagu Indonesia raya atau menghafal pancasila atau membaca al-fatihah bagi yang beragam muslim serta membuat tulisan tentang pernyataan untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Kerja sosial berupa membersihkan tempat publik atau tempat ibadah. Denda administrasi sebesar 250.000,- dan penyitaan KTP.

Sardi juga menambahkan operasi ini dilakukan serentak atas instruksi Satpol PP provinsi Jawa Tengah. (kominfo)

Bagikan