Menu Close

Pemkab Demak  Gelar Penyusunan Rancangan RPJMD 2021 – 2024

Demak – Dalam rangka penyusunan rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Demak, Pemkab Demak adakan Rakor. Rapat yang dilaksanakan di pendopo Satya Bhakti Praja tersebut di buka oleh Bupati Demak HM Natsir, Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Joko Sutanto, Sekda Demak Singgih Setyono, Asisten III dan seluruh Kepala OPD Kabupaten Demak termasuk Kepala Kominfo yang diwakili oleh Kabid Komunikasi dan Statistik, Agus Promono.

 

Rancangan  teknokratik RPJMD akan menjadi acuan atau pedoman dalam menetapkan kebijakan strategi pembangunan yang berkelanjutan terhadap pembangunan jangka panjang.

 

Dalam sambutannya Bupati Demak menyampaikan, secara nasional laju pertumbuhan ekonomi masih diangka minus 0,4 tetapi Demak masih optimis diangka 0,44. Bupati menekankan perlunya kerja sama kepala OPD agar semangat membangun Demak.

 

“Saya sampaikan bahwa target pembangunan yang telah ditetapkan diperiode RPJMD 2016-2021 sudah mengalami peningkatan. Berdasarkan data sampai tahun 2019, laju pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan sebesar 5,36 persen”, ujar Natsir.

 

“Kemudian angka kemiskinan menurun dari 14,4 persen di tahun 2016 menjadi 11,86 persen di tahun 2019. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik menjadi 71,87 persen dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) juga mengalami peningkatan sebesar 90,57 persen”, tambahnya.

 

Pihaknya juga mengharapkan meskipun saat ini wabah pandemi melumpuhkan sektor perekonomian, tetapi beliau menghimbau jangan melihat pandemi menjadi musibah tapi jadikan kreasi untuk memunculkan ide pembangunan Pemkab Demak untuk memasyarakatkan Kabupaten Demak lebih sejahtera. (kominfo/ist)

 

Bagikan