Menu Close

Sudah Didatangi Peziarah, Daya Beli Masih Lemah

 

Demak – Pandemi Covid-19 membuat Pemkab Demak melakukan upaya memutus rantai penyebaran virus. Salah satunya menutup seluruh destinasi wisata, tak terkecuali wisata religi makam Kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu. Namun seiringnya waktu di masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal ini peziarah dari luar kota sudah mulai berdatangan. Meskipun tidak sebanyak seperti sebelum ada pandemi, namun kedatangan mereka cukup memberi harapan bagi para pedagang dilokasi tersebut.

Sebab saat pandemi sektor ekonomi masyarakat sekitar melemah dan turun drastis penghasilanya. Sebab mereka yang bergerak dibidang perdagangan dan jasa sama sekali tidak ada pemasukan. Bahkan pedagang sampai merugi dengan banyaknya stok dagangan yang mangkrak.

Minggu (6/9/29) meskipun makam Wali Allah ini belum secara resmi dibuka , namun memasuki bulan Muharram sudah mulai berdatangan . Musaropah, pedagang sekitar makam mengatakan, peziarah sudah mulai datang dan juga berbelanja. “Alhamdulillah meskipun pemasukan yang saya terima tidak seperti dulu sebelum ada korona, setidaknya masih bisa membuat dapur mengebul”. Ujarnya

Untuk antisipasi ditengah pandemi pihak kelurahan dan pengelola makam memberlakukan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengunjung mencuci tangan, bermasker dan jaga jarak.
Terlihat di area pintu masuk ,pengelola menyediakan tempat pencucian tangan, dan melakukan pengecekan suhu bagi pengunjung yang datang.
(Kominfo/ist/ rd)

Bagikan