Menu Close

PROGRAM BANK SAMPAH, SOLUSI KURANGI SAMPAH PLASTIK

Demak – Sampah seolah menjadi masalah yang tak pernah habis diperbincangkan. Berbagai macam upaya untuk mengurangi sampah pun sudah dilakukan oleh pihak berwenang. Mulai dari mendaur ulang sampah, membawa kantong plastik sendiri saat berbelanja hingga program Bank sampah. Sampah plastik yang sulit diurai butuh perhatian serius penangananya. Salah satunya untuk meminimalisir sampah plastik dibentuklah Bank sampah.

Bank sampah Krajan Makmur yang ada di Desa Jogoloyo RT 03 RW 04 berdiri sejak awal tahun 2019 ini memilah sampah plastik seperti botol plastik, plastik kering, paku kawat, sepatu, sandal, serta tas bekas.
Selasa (15/9) Hasan Anwar (60) ketua RT setempat menjelaskan, ” awal mulanya bank sampah ini dibentuk adalah untuk mengurangi pencemaran sampah di lingkungan sekitar”.

“Sampah dari masyarakat yang disetor ke bank sampah, dijual ke pengepul untuk kas bank sampah 30% dan sisanya untuk warga. Selain dijual ke pengepul, sampah ini juga dimanfaatkan untuk dibuat berbagai macam kerajinan seperti tas dan lain sebagainya terutama dari bahan plastik bungkus makanan/minuman hingga vas bunga” Jelas Hasan.

Ditambahkan hasan Pandemi seperti sekarang kegiatan tetap dilaksanakan seperti menyetor sampah dan kegiatan membuat kerajinan. Namun harga rongsok yang dijual ke pengepul mengalami penurunan. Hasan berharap bank sampah yang beranggotakan 20 KK ini bisa lebih maju lagi, sehingga dapat mengedukasi masyarakat dan sadar terhadap keasrian lingkungan. ( kominfo/rd/ip)

Bagikan