Menu Close

Dinparla Gelar Pelatihan Tata Kelola Homestay

Demak – Dalam rangka upaya meningkatkan kualitas tata kelola homestay di destinasi wisata dan peningkatan kapasitas masyarakat pelaku usaha kepariwisataan di Kabupaten Demak, Diparta gelar pelatihan tata kelola homestay.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari bertempat di Hotel Amatis Demak, Selasa (16/09/20). Pelatihan dihadiri sebanyak 50 peserta yang berasal dari pelaku jasa pariwisata homestay Kabupaten Demak.

Kepala Dinas Pariwisata, Agus Kriyanto dalam sambutannya menyampaikan, dasar dari penyelenggaraan ini sesuai Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Dana Pelayanan Pariwisata.

“Jadi penyelenggaraan ini sesuai Peraturan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Nomor 8 Tahun 2020. Pada pelatihan ini ada kegiatan outing class untuk mengetahui praktek tata kelola homestay di lokasi wisata Dieng Kabupaten Bajarnegara”, ujar Agus.

Dalam pelatihan ini narasumber berasal dari DPD himpunan pramuwisata Jawa Tengah yang sudah bersertifikat dan pengajar lokal Demak yang berkopeten. Masruloh, pelatih dari DPD mengatakan, “perlunya melakukan pelayanan prima kepada customer agar mereka merasa nyaman, karena prioritas utama kita adalah membahagiakan orang”.

Sekdin Dinparta, Kurnia Zumaroh menambahkan,”kami berharap di desa wisata dapat mengelola homestay dengan baik. Nanti akan dilakukan pendampingan dari Dinas Pariwisata, dan kita akan membuat grup WA dari pelatihan ini nanti kita liat terus antusiasnya dan kita kawal terus sampai sukses”. (kominfo/ist/rd)

Bagikan