Menu Close

Berawal Dari Limbah Cangkang Kerang Hingga Menjadi Rupiah

Demak – Selain sampah atau barang bekas yang bisa disulap menjadi produk kerajinan yang unik, ternyata limbah kulit kerang juga bisa dijadikan sebuah produk kerajinan yang bisa menghasilkan nilai jual yang tinggi.

Adalah Rois Ul Umam warga Desa Bungo Kabupaten Demak. Berawal dari banyaknya limbah cangkang kerang yang dibuangi dan di beli orang dari luar kota yang ternyata untuk di buat kerajinan. Rois yang merupakan anggota karang taruna beserta rekannya memiliki inisiatif untuk mengajukan pelatihan ke Dinas Industri dan Perdagangan, “ kita mengajukan pelatihan ke dinas industri dan perdagangan, dan kita di latih juga dapat ilmunya dan dari situlah saya kembangkan “ ujar Rois.

Sudah hampir 2 tahun Rois menekuni usaha kerajinan tersebut. Kerajinan yang dibuatnya juga beraneka jenis seperti gantungan kunci, figura, lampu, kotak tisu, dan aksesoris lainnya. Proses pembuatannya sekitar 1 hari tergantung tingkat kesulitannya, “ tergantung tingkat kesulitannya, kadang 3 hari juga jadi, karena kita ada 2 orang karyawan, kadang saya juga bantu ngelem atau motong jadi sama sama membantu disini “ ujar Rois. Dalam sekali produksi bisa menghasilakn 20 pcs. Harga yang di tawarkan mulai dari 5 ribu sampai 1 jutaan. Hingga saat ini Rois bisa mempekerjakan 2 karyawan.

Hasil kerajinan ini di jual dengan di titipkan di tempat tempat wisata pantai seperti di istambul hingga pantai di jepara. Selain offline, Rois juga menjual melalui online. Hingga saat ini penjualannya sudah sampai ke berbagai kota di jawa timur, jawa barat hingga lampung.(kominfo/ip)

Bagikan