Menu Close

Operasi Yustisi, Jaring Warga Pelanggar Protkes

Demak – Polres Demak Lakukana Operasi Yustisi di di kawasan Alun-alun Simpang Enam Demak dan sepanjang Kali Tuntang, Sabtu (19/9/20). Operasi gabungan Polri, TNI dan Satpol PP ini dilakukan sebagai upaya pelaksanaan Inpres nomor 6 tahun 2020 yaitu terus melakukan penindakan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Melihat saat ini di Kabupaten Demak sendiri terdapat 1459 yang terkonfirmasi Covid-19 dengan rincian belum sembuh sebanyak 153 kasus, sembuh 1076 kasus dan meninggal sebanyak 230 kasus.

Dalam operasi tersebut kedapatan sejumlah warga yang terjaring karena tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak memakai masker. Bagi mereka yang terjaring operasi diberikan hukuman menyapu dan menyanyikan lagu kebangsaan di depan Pendopo Kabupaten Demak.

Wakapolres Demak Kompol Didi Dewantoro mengatakan, Dalam razia ini petugas menghentikan sejumlah pengendara roda dua dan empat yang tidak tertib mengenakan masker.

“Ada 119 warga terjaring di Alun-alun Simpang Enam dan di depan Pendopo Kabupaten Demak. Razia ini dilakukan secara humanis. Warga yang tidak memakai masker di data dan diberi sanksi berupa menyapu, melafalkan Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan”, Ujar Kompol Didi.

Selain itu, razia yang dilakukan petugas gabungan ini, sebagai upaya pelaksanaan Perbup Demak no. 68 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Berbagai upaya yang telah di lakukan Polres Demak dalam penanganan Covid-19 diantaranya memasang berbagai spanduk imbauan protokol kesehatan di sejumlah lokasi. Selain itu, operasi yustisi penanganan Covid-19 juga selalu dingencarkan di tingkat Kecamatan maupun Desa.

“Meskipun kami sudah melakukan berbagai upaya dalam penanganan Covid-19, tetapi masih banyak dari mereka yang menyepelekan himbauan dari kami”, tandasnya.

 Kompol Didi juga menambahkan, pihaknya berharap dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, sehinnga wabah Covid-19 dapat segera berakhir. (kominfo/ist)

Bagikan