Menu Close

Pengembangan Fasilitas Menjadi Media Promosi Perpustakaan Delima

Demak – Sebagian besar masyarakat mengenal perpustakaan adalah tempat membosankan yang hanya berisi buku-buku materi sekolah. Tetapi hal tersebut tidak berlaku jika melihat salah satu perpustakaan di Kabupaten Demak yaitu Perpustakaan Delima yang bertempat di Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak, Selasa (22/09/20).

Perpustakaan yang memiliki luas tanah 225 m dengan luas bangunan 205 tersebut memiliki fasilitas yang menarik seperti taman baca outdoor, ruang anak dan audio visual, Perpustakaan yang memiliki luas tanah 225 m dengan luas bangunan 205 tersebut memiliki fasilitas yang menarik seperti taman baca outdoor, ruang anak dan audio visual. Ada pula program Tergoda (komputer menuju go dunia) yaitu pelatihan komputer dan internet sehat untuk anak, dan program Gokar (Gerobak Pustaka Rakyat) yaitu layanan perpustakaan keliling perkampungan dengan gerobag.

Kepala Perpustakaan Delima, Anik Shofiyati menyatakan, berbagai fasilitas yang diadakan bertujuan untuk menarik pemustaka untuk datang ke perpustakaan Delima.
” Jadi promosi tidak hanya dilakukan di media sosial, tetapi pengembangan fasilitas juga menjadi media promosi untuk perpustakaan Delima “, ujar Anik.

“Tentunya kita akan membuat pengembangan-pengembangan fasilitas lainnya, untuk menciptakan lingkungan perpustakaan yang nyaman”,Ucapnya.

Dari pengembangan fasilitas yang dilakukan, membuahkan hasil yang menggesankan. Terbukti dengan jumlah pelonjakan pengunjung yang semakin meningkat tiap tahunnya yaitu di tahun 2018 dengan jumlah pengunjung kurang lebih 3000, sedangkan di tahun 2019 mengalami pelonjakan 35% menjadi 4000 pengunjung.

“kami berharap untuk kedepannya tim kami dapat mewujudkan visi perpustakaan yaitu mewujudkan perpustakaan desa sebagai sarana pengembangan minat baca, pusat layanan informasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat”,tambahnya. (kominfo/ist)

Bagikan