Menu Close

Dinpermades P2KB gelar kegiatan orientasi kader di kampung KB percontohan

Demak – Dinpermades P2KB gelar kegiatan orientasi kader di kampung KB percontohan. Acara yang berlangsung pada, Rabu (30/09/20) di Balai RW I Dukuh Bedono Kecamatan Sayung dihadiri oleh PPKBD,Sub PPKBD dan Pengurus Pokja untuk melengkapi basis data di kampung KB Teles Bedono, khususnya data R/I/PUS.

Dalam sambutannya Kasi Kesertaan Ber-KB Bidang KBK&KK, Bambang Prosidiantoro menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini yaitu untuk Perapihan dan Pemutakhiran Data PUS Kampung KB Teles Bedono. Dengan basis data yang dimiliki dapat meminimalisir masalah, seperti pengalaman sebelumnya saat menghadapi kericuhan pembagian raskin akibat data yang tidak valid.

“Jadi dengan lengkapnya data-data yang dimiliki dapat meminimalisir masalah yang ada”, ujarnya.

Kasi Advokasi KIE dan Penggerakan Bidang P2PP, Ahlam Kamal selaku narasumber memaparkan perihal festival Pasar Apung yang dalam waktu dekat akan digelar di wilayah Kampung KB Teles Bedono. Ia pun mengingatkan agar event pariwisata tersebut tetap dibarengi dengan kewajiban menerapkan Protokol Kesehatan covid-19, yaitu dengan menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, termo gun, serta pengaturan jarak antar pengunjung nantinya.

Sementara itu, terkait Perapihan Data, Kamal juga menekankan perihal pentingnya Rumah Data Kampung KB untuk dilengkapi dengan semua basis data terkini. PPKBD dan Sub yang bertugas mendata Pasangan Usia Subur (PUS) juga disarankan mempunyai buku bantu untuk mempermudah pencatatan sebelum dimasukkan dalam formulir R/I/PUS. Setelah Data PUS rampung, maka dapat dilanjutkan dengan pemutakhiran data Poktan – poktan yang ada.

Kamal juga menginfokan aplikasi BKKBN yang dapat turut digunakan untuk promosi produk- produk UPPKS Bedono, yaitu melalui website Kampung KB dan aplikasi Silili BKKBN.
“Ayo kita niati dari Bedono, datanya kita rapihkan, supaya setiap perkembangan di Kampung KB Teles ada “tilas lan tulise”, ujar Kamal.

Ketua Pokja Kampung KB Teles, Sayidi menyampaikan update data yang telah dimiliki, diantaranya yaitu Data Kepesertaan KB sebanyak 79 orang dari total 220 KK RW I Dukuh Bedono. Sementara untuk Data PUS prosentasenya 70% dari total jumlah warga. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Seksi Pokja Ekonomi Kambali dan Ketua PIK-R Bambang untuk menggelar event promosi pariwisata, seperti Festival Pasar Apung di Treck Mangrove Bedono yang akan digelar pada Sabtu 3 Oktober 2020.

Sementara untuk UPPKS, Bedono juga tetap aktif berkreasi mengolah produk- produk terbaru yang memanfaatkan kearifan lokal setempat. Dengan memanfaatkan kekayaan alam yang melimpah di Bedono, yaitu tanaman mangrove dan hasil laut, produk yang dihasilkan pun dapat menjadi ciri khas kuliner pesisir Kampung KB Teles Bedono.

Dengan adanya kegiatannya ini pihaknya berharap, data yang terkumpul nantinya bermanfaat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. (kominfo/ist)

Bagikan