Menu Close

Relasi Harus Mampu Dongkrak Partisipasi Pemilih Melalui Penulisan Online

Demak- Sebanyak 25 calon relawan demokrasi ( Relasi ) untuk Pilkada kabupaten Demak pada Desember 2020 telah dikukuhkan dan mendapatkan bimbingan teknis. Ke 25 orang tersebut sebelumnya dinyatakan lolos seleksi wawancara, praktek komputer dan penulisan berita online yang dilaksanakan di kantor KPU Kabupaten Demak. Para calon relawan demokrasi ini mengikuti tes wawancara setelah dinyatakan lolos tahapan administrasi sebelumnya.

Fungsi relawan demokrasi yang direkrut KPU diantaranya menjadi Mediator artinya mendekatkan KPU dengan masyarakat. Kemudian Bertugas mensosialisasi pada masyarakat atau menyampaikan informasi tahapan pilbup Demak kepada masyarakat terutama pada pemilih, jelas Hastin Atas Asih komisioner KPU Demak, Senin (5/10/20).

Komisioner bidang Hukum dan Pengawasan ini juga menambahkan, tim relasi ini juga harus mampu mengedukasi dan memberi solusi terkait pelaksanaan pilkada di kabupaten Demak.
” Edukasi artinya memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat misalnya tentang ajakan untuk menolak politik uang, memberikan pendidikan tentang perbedaan berita yang valid maupun hoax”

” Kemudian mampu memberi Solusi artinya memberikan solusi apabila ada permasalahan yg dialami pemilih di lapangan” Tambah Hastin.

Salah satu syarat relawan demokrasi dapat menulis berita online, Harapannya relawan demokrasi sebagai agen sosialisasi ini dapat menyampaikan informasi terkait pemilihan bupati dan wakil bupati Demak kepada publik.
Salah satu media informasi yang digunakan sebagai penyampai informasi maupun berita adalah media sosial.

” Berita maupun informasi terkait pelaksanaan pilkada dan yang bersifat mengedukasi masyarakat tersebut bisa diunggah di media online sehingga masyarakat dapat terhindar dari informasi hoax” Lanjut Hastin.

Relawan demokrasi juga mesti memahami tahapan pemilihan serta pentingnya partisipasi pemilih. Adanya relawan demokrasi nantinya juga bisa mendongkrak partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.
Relawan demokrasi bertugas selama tiga bulan mulai bulan September hingga Desember. ( kominfo/rd).

Bagikan