Menu Close

Sebanyak 76 Anggota Kodim Lakukan Test Swab Pada HUT TNI ke 75

Demak – Untuk mengetahui kondisi personel TNI kodim 0716 Demak Sebanyak 76 prajurit dan PNS Makodim setempat menjalani test swab, Senin (05/10/2020). Kegiatan yang digelar bertepatan dengan Peringatan HUT TNI ke 75 dilaksanakan setelah upacara peringatan melalui virtual.

Kepala Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Heri Winarno menyampaikan, tes swab dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para prajurit Kodim ditengah pandemi Covid-19.

“ Sebab anggota TNI dalam melaksanakan tugas selalu bersinggungan dengan masyarakat, sehingga rentan terhadap penularan virus. Tes swab ini merupakan usulan dari Pak Dandim, guna mengecek kesehatan para prajuritnya” Terang Heri.

Heri mengaku beberapa waktu sebelumnya timnya melakukan test swab kepada Nakes (tenaga kesehatan) jajaran Puskesmas di Kabupaten Demak, dan anggota Mapolres Demak serta pegawai Dinas Perpajakan Kabupaten Demak.

“Walaupun belum semuanya dilakukan swab kemungkinan kedepannya kita juga test swab ke beberapa instansi lainnya. Adapun Untuk tingkat kecamatan, Koramil dan Polsek, nantinya menjadi tugas dari Puskesmas masing-masing wilayah,” jelas Heri.

Terkait hal ini, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohammad Ufiz, mengatakan, jika test swab yang dilaksanakan guna mendukung program pemerintah dengan melakukan pencegahan dini di lingkungan TNI Kodim 0716/Demak guna menekan penyebaran virus corona.

“Kita dukung penuh program pemerintah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dan pelaksanaan test swab prajurit Kodim Demak ini untuk mendeteksi dini dan mencegah penyebaran covid-19,” katanya.

Dandim menambahkan, apabila nanti hasilnya ada anggotanya yang positif, maka akan diambil tindakan sesuai dengan protokol kesehatan dengan melaksanakan karantina mandiri dan upaya pencegahan lainnya.

Sedangkan untuk mengetahui hasilnya dari prajurit TNI ini Kemungkinan 3 hingga 4 hari kedepan, Dandim berharap gasil tes hari ini negatif, tidak ada anggota Kodim demak yang terpapar virus korona. (Kominfo/rd/dim).

Bagikan