Menu Close

Covid-19 Bisa Disembuhkan, Namun Harus Tetap Waspada

DEMAK – Sampai saat ini Covid-19 masih menjadi virus yang berbahaya karena penularannya yang begitu mudah dan dapat memperparah kondisi seseorang yang mengidap penyakit penyerta atau komorbid. Kabupaten Demak saat ini berstatus zona kuning, namun kewaspadaan harus tetap dijaga untuk terus menekan jumlah penularan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Survelians dan Imunisasi Dinas Kesehatan Demak Subandi dihadapan calon peserta pelatihan dan sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI bidang TIK bertempat di ruang pertemuan Dinkominfo, Rabu (7/10).

Calon peserta pelatihan sebanyak 60 orang wajib menjalani tes swab agar diketahui kondisinya sebelum mengikuti pelatihan selama 5 hari. Sebelum menjalani tes swab calon peserta diberi pemahaman untuk selalu waspada dimasa pandemi.

“Sebisa mungkin kita terhindar dari penularan covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena sekarang ini banyak orang tanpa gejala atau OTG di sekitar kita. Kalau pun kita sudah tertular covid-19 tetaplah optimis untuk bisa sembuh.” Jelas Subandi.

Ditambahkan subandi bahwa proses penyembuhan pasien covid-19 harus dilakukan dengan isolasi mandiri agar tidak menular ke orang lain. Pasien harus istirahat cukup, makan makanan bergizi, mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi dan berjemur paling lama 1 jam sehari antara jam 9 -10 pagi.

Kepala Dinas Kominfo Endah Cahyarini melalui sekdin kominfo Indrijantoro Widodo mengatakan, Calon peserta pelatihan berjumlah 60 orang sesuai daftar absen yang ada, mereka dikelompokkan dalam tiga skema pelatihan yaitu Junior Web Developer, Junior Office Officer dan Junior Graphic Design.
” Sedangkan Test swab dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan covid-19, karena jika didapatkan calon peserta yang positif covid-19, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur sebagai peserta” Jelas Widodo.
“Selama pandemi waspadai penularan covid-19, meskipun nanti dari hasil test swab peserta pelatihan dinyatakan negatif, tetap jalankan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan.” Pungkas sekdin kominfo (Kominfo/MK/Rd)
Bagikan

Bagikan