Menu Close

PPRG Sebagai Media Pengarus Utamaan Gender

Demak – Dua Personil Dinas Kominfo mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Dinsos P2PA dengan agenda pelatihan dan pendampingan PPRG (Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender) tahun 2020, dengan sasaran unsur pelaksana organisasi perangkat daerah (OPD) dan programer desa percontohan, bertempat di ruang aula Dinsos P2PA, Rabu (07/10/20). Kegiatan ini dilakukan berkaitan dengan pelaksanaan advokasi dan fasilitasi PUG bagi perempuan di Kabupaten Demak.

Kegiatan pelatihan yang diikuti 41 OPD meliputi Dinas dan Kecamatan di buka oleh Kepala Dinsos P2PA, Eko Pringgolaksito. Dalam sambutan pembukaannya dirinya menyampaikan, bahwa pelaksanaan pelatihan ini diharapkan agar hak-hak gender terpenuhi, sehingga menjadi cacatan prioritas terkait penganggaran OPD di Kabupaten Demak. Selain itu juga kesetaraan hak-hak gender tidak terdiskriminasi.

PPRG merupakan alat untuk mencapai pengarus utamaan gender (PUG) guna mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui perencanaan dan penganggaran. Maka PPRG merupakan media yang di gunakan oleh OPD untuk membuat perencanaan dan penganggaran tersebut.

Para peserta di berikan materi menganalisis berdasarkan masalah (problem base analysis). Dalam kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber dari LSM Pattiro dari Semarang. (kominfo/ist/rd)

Bagikan