Menu Close

Tumbuhkan Rasa Nasionalisme , Kodim 0716 Gelar Festival Seni Dan Budaya

Demak – Dalam rangka menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan dan cinta tanah air, Kodim 0716/Demak gelar Festival Budaya Lomba Rebana dan Tari Zipin. Kegiatan yang diadakan di markas kodim diikuti oleh 14 peserta hasil seleksi dari 14 koramil, Rabu (07/06/20).

Dandim 0716/Demak Letkol Arh M Ufiz menjelaskan, Demak sebagai kota pesisir religius identik dengan seni zipin dan rebana. Maka tanpa meninggalkan kultur sekaligus mengangkat kearifan lokal, lomba rebana dan zipin diselenggarakan sebagai rangkaian ‘Serbuan Teritorial Wilayah Korem 073/Makutarama’.

“Selain melestarikan seni budaya tradisi, bersamaan lomba ini dimaksudkan pula menanamkan kecintaan generasi muda pada bangsa dan tanah air. Jangan sampai seni budaya khas Indonesia terlupakan dan akhirnya diklaim negara lain,” kata Dandim.

Sementara juri dihadirkan dari para pelaku seni khususnya zipin dan rebana. Mereka adalah Darul dari SMK Negeri 2, Kundori dari MTs Nahdlatusuban Ploso, serta Sudarto dari SD Negeri Bintoro 10.

Menurut Darul yang juga ketua juri, ada beberapa hal menjadi poin penilaian. Untuk rebana meliputi arransemen, vocal dan penampilan, termasuk di dalamnya kostum, keserasian dan kekompakan. Sementara zipin penilaian difokuskan pada pola lantai, kualitas gerak serta penampilan.(Kominfo/dim)

Bagikan