Menu Close

Usir Kejenuhan Karena Daring, Siswa Diajak Mengenal Sejarah Melalui Museum

Demak- Kejenuhan para siswa sekolah yang terlalu lama mengikuti pembelajaran daring sudah dipastikan menghinggapi para anak didik. Untuk mensiasati kejenuhan anak yang sudah lama belajar dirumah, dinas pendidikan dan kebudayaan Demak memberikan kesempatan bagi siswa SD dan SMP untuk belajar diluar ruang sambil rekreasi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh siswa SMPN 1 Gajah dan SMP Satu Atap Gajah mereka melakukan belajar diluar ruang dengan mengunjungi museum Glagah Wangi yang berada dilingkungan dinas pariwisata Demak, Senin (19/10/20).

Plt ka UPTD Museum Widodo mengungkapkan, belajar sambil rekreasi ini untuk mengantisipasi kejenuhan siswa yang selama ini hanya mengikuti pembelajaran daring dari rumah. Diruang museum para siswa diperkenalkan benda benda bersejarah melalui tayangan film slide.
” Dengan mengunjungi musium mereka akan mengenal sejarah daerahnya. Tidak hanya melalui film slide saja, mereka juga kita beri materi ketrampilan untuk menempelkan perkakas dari gerabah yang pecah. Mereka harus menyusun pecahan gerabah dengan menempelkan kembali hingga rapi menggunakan lem” Jelas Widodo.

Setelah mengikuti pengenalan sejarah dan benda benda kuno para siswa yang jumlahnya terbatas dan mengikuti protokol Covid-19 ini diajak untuk bermain dengan memancing ikan dari plastik yang dimasukkan kolam. Dengan cara mata kail yang ada magnetnya ditempelkan pada mulut ikan yang terdapat besi kecil sehingga terjadi gaya tarik magnet.

Salah satu siswa putra tang merasa malu menyebutkan namanya mengatakan, merasa senang dan terhibur dengan mengikuti kegiatan ini. Dirinya mengaku merasa fress karena selama ini merasa jenuh selalu belajar dirumah. ( kominfo/rd).

Bagikan