Menu Close

Wujudkan Swasembada Daging Nasional Dengan AUTS/K

Demak – Sebagai upaya swasembada daging nasional dan menjamin keberlanjutannya, Pemerintah Kabupaten Demak menyelenggarakan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K).

Bupati Demak HM Natsir saat meninjau pembangunan di bidang peternakan di desa Banyumuneng Mranggen menyampaikan, swasembada daging nasional merupakan usaha pembibitan sapi potong untuk memperoleh bibit yang berkualitas sebagai konsumsi manusia, Kamis (22/10/20).

Pemkab Demak telah menggalakkan pengembangbiakan sapi putih /lokal yaitu sapi brahman dan peternakan onggole menyediakan calon indukan yang berkualitas.

AUTS/K merupakan upaya melindungi kerugian peternak akibat kematian ternaknya.
“Pemerintah menyelenggarakan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) guna melindungi peternak apabila ada ternaknya yang mati. Para peternak dapat mendaftarkan ternaknya untuk diajukan polis asuransi usaha ternak sapi/kerbau”, kata Natsir.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Wibowo, menyampaikan AUTS/K bertujuan untuk memberdayakan peternak di 3 wilayah yakni Kecamatan Guntur, Karangawen, dan Mranggen agar dapat mengembangkan usaha peternakan sehingga meningkatkan kesejahteraannya.

“Potensi peternakan di Kabupaten Demak sangat besar, maka akan terus kita kembangkan dalam rangka mendukung program pemerintah menuju swasembada pangan,” ujarnya.

Natsir berharap dengan upaya tersebut pengembangbiakan ternak sapi potong dapat lebih terbina dan terawasi oleh pemerintah, mulai dari administrasi kelembagaan, pemilihan bibit, serta manajemen pemeliharaan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Demak memberikan bantuan secara simbolis kepada 3 kelompok tani berupa ternak sapi, kandang sapi, dan polis asuransi usaha ternak sapi/kerbau. (kominfo/ist)

Bagikan