Menu Close

Cegah Kehamilan Dengan Program MKJP

Demak – Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun TNI Ke-75, Kodim 0716/Demak menggelar Safari TNI Manunggal KB Kesehatan di Klinik Sumber Medika Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Senin (26/10/2020).

Kegiatan bakti sosial TNI Keluarga Berencana Kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi BKKBN dan TNI serta mitra kerja BKKBN lainnya untuk membangun kependudukan Indonesia agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia, sehingga bangsa Indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

Batuud Koramil 12/Mranggen, Serma Wahyu Hidayat, selaku tertua di lapangan menyampaikan, kegiatan safari TNI Manunggal KB Kesehatan kali ini diikuti 60 orang akseptor dari desa-desa se-Kecamatan Mranggen. Mereka melaksanakan MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) IUD dan Implan.

“Alhamdulillah ada 60 Akseptor yang ikut progam ini. Kita berharap semakin banyak lagi masyarakat usia subur yang ikut, sehingga angka kelahiran dan pertambahan penduduk dapat dikendalikan,” ujar Wahyu.

Secara umum, menurut Wahyu, semua metode kontrasepsi memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mencegah kehamilan. MKJP berupa IUD dan implan merupakan metode kontrasepsi yang efektivitasnya paling tinggi, sehingga sangat cocok untuk peserta KB yang ingin menjarakkan kehamilan atau tidak ingin punya anak lagi.

Dijelaskannya, pelibatan TNI dalam hal ini disebabkan TNI memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengajak pasangan usia subur untuk ikut progam KB IUD dan Implan.

“Sebelumnya banyak kalangan menyaksikan dedikasi TNI dalam merekrut peserta KB. Tetapi dugaan mereka salah. Fakta di lapangan, banyak peserta KB ikut karena mereka terpengaruh ajakan TNI, dalam hal ini Babinsa. Ini sungguh luar biasa. Untuk itu, mari kita semua bantu pemerintah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk di Indonesia ini,” tandasnya. (kominfo/dim)

Bagikan