Menu Close

Diperlukan Sinergitas Untuk Penanggulangan Bencana

Demak – Bupati Demak, HM. Natsir didampingi Kapolres Demak dan Dandim 0716/Demak memimpin apel siaga bencana dalam rangka kesiapan menghadapi bencana banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor di Halaman Setda Demak, Selasa (27/10/2020). Apel tersebut diikuti jajaran TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, dan PMI.

Dalam amanatnya, Bupati Demak, HM. Natsir mengatakan kondisi geografis Kabupaten Demak yang berada di wilayah hilir mengakibatkan Demak menjadi daerah rawan bencana, maka diperlukan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dari semua pihak guna mengantisipasi terjadinya ancaman bencana.

Lebih lanjut Bupati menuturkan seluruh pihak terkait dapat bersatu padu melakukan langkah-langkah antisipasi. Termasuk apabila benar-benar terjadi bencana, resikonya bisa ditekan seminimal mungkin.

“Kepada dinas terkait, saya minta untuk mengecek segala kesiapan kebencanaan. Lakukan pantauan lapangan sehingga kita bisa melakukan deteksi dini dan melakukan upaya pengurangan resiko bencana:, ucap Natsir.

Bupati meminta untuk semua pihak meningkatkan komunikasi dan koordinasi, karena pencegahan dan penanggulangan bencana membutuhkan peran aktif dari semua pihak.

“Harus terjalin sinergitas yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana. Paradigma penanggulangan bencana harus bergeser dari reaktif menjadi proaktif, sehingga semua kalangan dituntut untuk mampu melakukan upaya pengurangan resiko bencana dengan didukung oleh semua pihak yang berkompeten”,Pungkasnya. (kominfo/pim)

Bagikan