Menu Close

Pemkab Demak Gelar Monev Dana Desa

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak gelar workshop monitoring dan evaluasi penyaluran dan penggunaan dana desa di Kabupaten Demak yang bertempat di Hotel Amatis Demak, Selasa (03/11/20).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Demak. Serta narasumber dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan, Ka Kanwil DJPB Prov Jateng Sulaiman, serta Pimpinan BPKP Adi Gemawan.

Wakil Bupati Demak Joko Sutanto menyampaikan, dana desa merupakan suntikan yang luar biasa masyarakat pemerintahan desa di bulan yang akan datang, sehingga untuk desa yang mendapatkan dana desa dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Untuk dana desa merupakan hal yang luar biasa yang dapat dimanfaatkan pemerintah desa”,ujarnya.

Pimpinan BPKP Adi Gemawan menjelaskan, terdapat beberapa permasalah dalam penyaluran dan penggunaan dana desa diantaranya BUMDes belum memiliki perencanaan berupa analisis potensi desa/rencana bisnis, BUMDes belum membuat laporan pertanggungjawaban, serta Minimnya kegiatan pembinaan pengembangan menajemen dan sumber daya pengelolaan BUMDes.

“Jadi untuk pemerintah desa yang mendapatkan dana desa supaya lebih diperhatikan”,ungkapnya.

Joko Sutanto menambahkan,“Secara tidak langsung dengan digelarnnya workshop monitororing dan evaluasi dapat memberikan suntikan angin segar bagi desa-desa yang mendapatkan suntikan dana desa”.

Joko Sutanto berharap dengan diberikannya dana desa dapat mengangkat pemerintahan dana desa. (kominfo/ist/rd)

Bagikan