Menu Close

Proptokoler Penentu Suksesnya Sebuah Acara

Demak – Seorang protokoler harus mampu berperan sentral segala aktivitas pimpinan, untuk itu protokoler harus menjadi sumber kredibilitas (source credibility). Artinya sebagai seorang professional harus dapat di percaya, beretikad baik, serta bersikap dan berperilaku terpuji.

Master of Ceremony (MC) yang bagus harus mempunyai modal pengetahuan, ketrampilan (skill) serta etitude yang bagus

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setiyono dalam sambutannya pada acara manajemen keprotokolan dan master of ceremony (mc) bagi OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Demak yang di selenggarakan di Ballroom Gedung Wakil Bupati, Rabu (04/11/20).

Protokoler harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas serta berpenampilan yang menarik. “Ini penting untuk diperhatikan, penampilan adalah unsur utama yang akan dilihat audiens saat membawakan sebuah acara. Untuk itu seorang protokoler harus memiliki penampilan menarik. Bukan berarti berlebihan, tetapi harus terlihat sopan dan rapi”, ujarnya.

Di hadapan peserta pelatihan yang diikuti oleh pelaksana yang menangani tugas keprotokolan dari seluruh OPD yang ada di Kabupaten Demak, Sekda Demak juga menyampaikan seorang protokoler di tuntut untuk mau terus belajar, karena protokoler dinilai sangat penting, dan menjadi penentu sukses tidaknya sebuah acara.

“Jadi harus terus belajar, seperti halnya belajar bagaimana mengatur mimik wajah agar terlihat ramah dan belajar bertutur kata dengan baik”,terangnya.

Kabag Prokompim Agung Hidayanto menyampaikan, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar setiap petugas protokoler di masing-masing OPD mampu menjalankan perannya sebagai MC yang baik.
“Sebab banyak pembawa acara pada kegiatan di OPD yang masih merasa kurang percaya diri, sehingga terlihat canggung dalam berbicara”.

Pihaknya berharap peserta yang mengikuti pelatihan mampu mengetahui dan memahami etiket dan protocol sebagai MC. (kominfo/ist/rd)

Bagikan