Menu Close

Operasi Zebra 2020 Kedepankan Pendekatan Persuasif

Demak- Pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2020 yang dilaksanakan Satlantas Polres Demak bukan hanya menindak pelanggar lalu lintas saja, namun lebih mengarah pada pendekatan persuasif dan humanis. Hal ini ditunjukkan oleh Satlantas Polres Demak saat menggelar operasi candi zebra di Wilayah Desa Kalikondang, Kamis (5/11/20). Dalam gelar operasi tersebut anggota polisi lalu lintas membagikan masker dan sayuran pada pemulung yang berada di TPA Kalikondang.

Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama mengatakan, pelaksanaan operasi zebra kali ini disesuaikan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sifatnya lebih ke tindakan persuasif dan humanis, bukan sepenuhnya tindakan hukum.

“Pada kesempatan kali ini kita memberikan edukasi kepada mereka lewat pembagian sayur-sayuran dan masker. Karena pada saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga sangat berdampak kepada mereka khususnya para pemulung yang membutuhkan makanan dengan gizi yang baik,” ungkap Andhika.

“Jadi akan lihat pelanggaran yang lebih dominan saat ini seperti apa, kalau disini pelanggaran yang paling dominan adalah terlihat secara kasat mata dan menindak pelanggar yang tidak menggunakan helm. Sedangkan Sasaran tematik saat ini yang akan ditindak adalah pengendara motor yang tidak menggunakan helm, melawan arus atau menerobos lampu lalu lintas,” jelas Andhika

Namun begitu, AKBP Andhika menyebutkan bukan berarti pengendara kendaraan roda empat bebas dalam operasi ini. Tetap akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan masker, lampu sen tidak menyala, lampu strobo dan pelanggaran lain( kominfo/rest/ist)

Bagikan