Menu Close

Bupati Meresmikan PSC Dan Puskesmas Bersamaan Peringatan HKN ke -56

Demak – Bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-56, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak memperingatinya dengan malakukan apel bersama , sekaligus dilakukannya peresmian Gedung PSC 119 dan 3 Puskesmas yakni Puskesmas Guntur II, Puskesmas Bonang II dan Puskesmas Karangawen II.

Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 dan peresmian tersebut diikuti seluruh begawai Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Se Demak dan dihadiri oleh Bupati HM Natsir, Wakil Bupati Joko Sutanto,Sekda Singgih Setiyono, Seluruh Asisten Sekda, Kepala Dinas Kesehatan Guvrin Heru Putranto, serta organisasi profesi di Gedung PSC 119, Kamis (12/11/20).

Bupati Demak HM Natsir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun 2020 , mari satukan tekad menuju Indonesia sehat. Jadikan sebagai pengingat untuk senantiasa mengedukasi masyarakat akan pentingnya Kesehatan. Ajak masyarakat agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menerapkan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol Kesehatan harus terus dilakukan, karena sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan”, kata Bupati.

Sementar Kepala Dinkes Guvrin Heru Putranto dalam laporannya menjelaskan, pembangunan Gedung PSC 119 dan 3 Puskesmas dilatar belakangi keinginan untuk meningkatkan performance kinerja serta meningkatkan pelayanan Kesehatan . PSC 119 merupakan pelayanan untuk memberikan pertolongan kegawatdaruratan pra rumah sakit yang bertujuan menyelamatkan jiwa dan merupakan ujung tombak layanan untuk mendapatkan respon cepat, dengan semua sarana prasarana pendukungnya berupa Gedung, ambulance serta mobil jenazah.

“PSC 119 membantu masyarakat untuk memberikan bantuan saat dalam keadaan gawat darurat dengan cara menghubungi 119. Kami akan memberikan bantuan secara cepat dengan melibatkan Puskesmas yang terdekat dengan posisi pelapor”, ungkapnya.

Sebelum melakukan peninjauan Fedung PSC 119 Bupati di damping Wakil Bupati memotong tumpengdengan kegiatan Apel, Bupati Demak HM Natsir melakukan pemotongan tumpeng serta penanda tanganan prasasti. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikasi akreditasi 6 puskesmas dan 11 klinik serta pemotongan pita sebagai simbol peresmian Gedung PSC 119 dan 3 Puskesmas. (kominfo/ist/rd)

Bagikan