Menu Close

Kelola Keuangan Dengan Benar Agar Mendapat Keuntungan Usaha

Demak – Sebagai pelaku usaha pasti pernah mengalami kegagalan dalam mempertahankan bisnis karena kesalahan dalam mengelola keuangan pada usahanya. Mengelola keuangan usaha merupakan bagian paling penting yang harus diperhatikan. Setiap pelaku usaha harus memiliki pengetahuan dalam pengelolaan keuangan dengan cara yang baik dan benar untuk mengetahui hasil keuntungan dari usaha yang dimiliki.

Hal tersebut disampaikan Direktur Vision Colege, Muslikhatun saat menyampaian materi pada pelatihan Cara Menghitung Keuntungan Usaha Agar Tambah Sukses yang diadakan di Rumah BUMN Demak, Senin (16/11/20).

Agar dapat mengelola dengan tepat dan benar dalam menghitung keuntungan harus memiliki pencatatan keuangan dan pembukuan yang baik dan benar dengan dilakukan secara sederhana dan memahami beberapa komponen dalam menghitung keuntungan.

“Jika ingin mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh harus dapat memahami komponen saat menghitung keuntungan seperti pendapatan, biaya, keuntungan dan kerugian yang termasuk sebagai pencatatan keuangan dan pembukuan “, ujarnya dihadapan 12 peserta pelaku usaha Demak.

Pada saat menghitung biaya produksi ada 3 hal yang harus diperhitungkan seperti Biaya Bahan Baku Langsung (BBBL), Biaya Tenaga Kerja Langsung (BTKL), dan Biaya Pendukung (BP).

Muslikhatun menjelaskan, bagaimana menghitung keuntungan secara sederhana melalui Microsoft exel dan mengajak peserta untuk mencoba simulasi menghitung secara manual sesuai rumus sederhana yang telah dicontohkan.

Sementara itu Koordinator Rumah BUMN Demak, Aristia Rizqi Nadzir menyampaikan, pihaknya berharap peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh. Sehingga peserta pelatihan dapat mengatur keuangan bisnis dengan baik dan benar serta dapat mengetahui berapa keuntungan yang di peroleh . (kominfo/pkl/ist)

Bagikan