Menu Close

Gali Potensi Masyarakat melalui Lomba Kreanova

Demak – Untuk menggali potensi masyarakat Demak, seorang generasi muda harus mempunyai inovasi untuk dikembangkan. Terlebih Indonesia merupakan Negara yang memiliki mangsa pasar yang besar.

Tidak perlu membuat ide baru, cukup dengan apa yang sudah ada dan diolah kembali menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto pada pembukaan acara lomba kreativitas dan inovasi (kreanova) di Hotel Amatis, Rabu (18/11/20).

Joko menjelaskan, inovasi tidak selalu harus yang luar biasa, namun hanya dengan mengelola sesuatu yang mempunyai nilai tambah merupakan sebuah bentuk inovasi.

“Sebuah inovasi itu tidak harus yang muluk-muluknamun hanya dengan mengelola barang untuk mendapatkan nilai tambah itu sudah merupakan bentuk inovasi”, ujar Wakil Bupati dihadapan 20 peserta kreanova dari SMA, SMK, MA, Mahasiswa serta masyarakat umum.

Sementara itu, Kepala Bappeda litbang Suhasbukit menyampaikan, Lomba kreanova diadakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat  untuk berbudaya kreatif dan inovatif terutama penerapan teknologi tepat guna di masyarakat.

Tujuan dari lomba kreanova adalah untuk menciptakan produk unggulan yang mampu bersaing di pasar lokal atau internasional, selain itu juga untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah berhasil menemukan atau mengembangkan karyanya yang sudah diterapkan, teruji, dan terbukti manfaatnya.

Suhasbukit menambahkan, adapun bidang lomba yang akan diselenggarakan meliputi agribisnis pangan, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan perikanan, kesehatan, pendidikan, rekayasa teknologi, kerajinan industri rumah tangga, dan pariwisata. (kominfo/ist/rd)

 

Bagikan