Menu Close

Demak Raih Penghargaan Terbaik Tata Kelola Pelayanan Publik Tingkat Nasional

Demak – Meraih prestasi yang membanggakan di tengah pandemi Covid-19 saat ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kabupaten Demak. Ditengah menyebarnya Virus Korona tidak menyurutkan semangat pemerintah Kabupaten Demak untuk mengukir prestasi dalam inovasi pelayanan publik.

Hal ini dibuktikan dengan diserahkanya piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Demak yang menjadi juara l pada Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan publik Terbaik. Piagam dan piala yang diberikan pada kategori Instansi Pemerintah Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Sebagai Pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2020.

Penghargaan dari kemenpan RB tersebut diserahkan oleh Prof. Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D. ketua ombudsman dan diterima Sekda Demak Singgih Setyono di Gedung Tribrata Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/20) pada acara Awarding Top Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Penanganann Covid-19 dan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2020.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam laporanya mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan dorongan motivasi bagi penyelenggara pelayanan publik yang memiliki prestasi di bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik dan inovasi pelayanan publik. Tujuan dari penghargaan ini yaitu untuk memberikan informasi dan mempromosikan berbagai terobosan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik. Terobosan yang dilakukan, juga memberi kemudahan bagi publik menyalurkan aspirasi dan pengaduan pelayanan publik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Sambutanya mengatakan, salah satu keberhasilan reformasi birokrasi adalah pelayanan publik. Ini merupakan moment yang sangat penting seperti diketahui visi misi presiden yaitu birokrasi yang baik, clear government and clean government. Ini menjadi suatu pokok untuk mewujudkan pemerintah yang baik. Dalam konteks ini maka pelayanan publik akan menunjukkan pemerintah yang bersih dan baik.

Prestasi Membanggakan

Seusai menerima penghargaan Sekda Demak Singgih Setiyono menyampaikan bahwa penghargaan tersebut sangat berarti untuk kabupaten Demak. ” Dan kita sudah melakukan yang terbaik untuk masyarakat dan masyarakat ternyata menerima dan mendapatkan manfaat yang luar biasa, terbukti dengan pengakuan penghargaan yang telah kita dapat” Terang Singgih.

Pihaknya berharap ditahun yang akan datang Demak akan mendapatkan lebih banyak lagi penghargaan dari OPD lainya yang mempunyai tupoksi langsung kepada pelayanan masyarakat dimana akan membuat masyarakat lebih puas terhadap pelayanan dari pemkab Demak.

Sementara Ketua Tim Pengelola pengaduan pelayanan publik kabupaten Demak Endah Cahyarini juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas keberhasilan yang diterima. “Terima kasih kepada semua tim yang tetap solid dan konsisten, Ini merupakan prestasi yang luar biasa, meskipun di tengah kondisi Covid-19 saat ini tetapi semangat untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik untuk masyarakat Demak tidak pernah surut. Dengan keberhasilan yang diraih Pemkab Demak ini akan menjadi motivasi untuk kedepannya untuk terus melakukan inovasi- inovasi pelayanan publik yang lebih baik”, pungkas Endah. ( Kominfo/ Rd/ist)

Bagikan