Menu Close

Perluas Kegiatan Literasi Dengan Resmikan Kampung Literasi

Demak – Dalam rangka meningkatkan minat baca serta mensukseskan Demak sebagai Kabupaten literasi dan budaya baca, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito meresmikan kampung literasi di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah, Selasa (24/11/20).

Peresmian kampung literasi yang dipusatkan di PKBM Mukti Utama tetap menerapkan protokol kesehatan, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Warga yang hadir diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Eko pringgolaksito menyampaikan, terdapat 30 taman bacaan yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Demak. Untuk kedepannya diharapkan, keberadaan taman baca dapat meningkatkan minat baca masyarakat serta membuat kegiatan literasi yang inovatif.

“ Selanjutnya semoga kegiatan literasi dapat di perluas, selain itu diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan taman baca yang sudah tersedia sehingga dapat menambah pengetahuan masyarakat”, kata Eko.

Eko Pringgolaksito menjelaskan, Dindikbud akan melakukan pembinaan taman bacaan di Demak dengan terus menerus melakukan pembinaan serta memfasilitasi buku dan pelatihan.

Terdapat berbagai kegiatan dalam peresmian kampung litersi diantaranya  gerak dan senam oleh siswa-siswi KB Indahsari, tari kreasi dari TK Kuncup Harapan, Pembacaan puisi oleh Sifa siswi SDN Karangsari 1 , geguritan oleh Budi siswa SDN Karangsari 2 serta performanfe art oleh Ari Widodo Ketua PKBM Mukti Utama.

Sementara itu,  Ketua BPD Karangsari Kecamatan Karangtengah , Partono , mengapresiasi kegiatan literasi ini. Menurutnya, dengan pencanangan kampung literasi di desanya bisa menjadi salah satu sarana belajar sepanjang hayat.

“Dengan banyak membaca diharapkan masyarakat semakin maju dalam berpikir dan bertindak,” ujarnya. (kominfo)

 

 

 

Bagikan