Menu Close

Pentingnya Memiliki Coach Bagi Business Owner

Demak – Untuk mencapai goals dalam bisnis banyak tantangan yang di hadapi, mengingat banyaknya kompetitor yang menjalankan usaha serupa. Untuk itu di butuhkan kemampuan dalam mengelola bisnis, agar mencapai goals yang ditargetkan.

Belakangan ini, banyak business owner atau pelaku bisnis menyadari kebutuhannya memiliki seorang coach, tentu untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada pada sumber daya yang dimiliki serta untuk menentukan strategi dalam menghadapi tantangan saat menjalankan sebuah bisnis. Dengan bantuan coach, business owner dapat mengetahui ilmu dalam berbisnis dan berlajar dari pengalaman yang sudah mereka rasakan sebelumnya sehingga dapat mencapai goals dari bisnis yang dijalankan.

Hal tersebut disampaikan Founder Behavior Therapist Bambang Nugroho saat menjadi narasumber pada Pelatihan Bisnis yang bertema Membangun Bisnis Besar Dari Sekarang yang di laksanakan di Rumah BUMN Demak, Rabu (25/11/20).

Bambang Nugroho menyampaikan, “ masing masing orang pasti memiliki ide untuk menjadi seorang pebisnis, namun tidak banyak orang yang sukses dalam menjalani usahanya karena sering mengeluh akibat tidak dapat mengatur strategi bisnis yang dijalani hanya untuk mencapai harapan yang diinginkan “.

Dijelaskan, sebagai pemula saat akan menjalani suatu bisnis harus dapat memahami basic dalam bisnis seperti komunikasi, penjualan, fokus, kemauan untuk belajar dan strategi bisnis. Selanjutnya pembisnis juga harus memahami tentang analisis swot yang merupakan metode perencanaan strategi yang digunakan untuk memonitoring dan mengevaluasi lingkungan bisnis, sehingga bisnis yang dijalankan dapat berkembang dan sesuai dengan Standar Operasinal Prosedur (SOP).

Selain itu untuk mencapai suatu tujuan dalam bisnis harus memperhatikan dan menerapkan ilmu yang diberikan oleh coach sehingga dapat meminimalisir resiko dalam bisnis dan dapat meraih pencapaian sesuai yang diinginkan.

Sementara itu, Koordinator Rumah BUMN Aristia Rizqi Nadzir menyampaikan, pentingnya mengetahui ilmu dalam berbisnis. “ misal mau benar-benar menjalankan bisnis memang harus tahu ilmunya dan banyak belajar, tidak boleh semisal hanya modal semangat aja yang ada bisnisnya jatuh bangkrut “.

“ selain itu juga harus tau apa saja resiko yang akan dihadapi semisal ada jurang di depan setidaknya kita sudah tau dalamnya jurang tersebut “ tambahannya. (kominfo/pkl/ist)

Bagikan