Menu Close

Manfaatkan Mesin Bantuan Untuk Maximalkan Hasil Tangkapan Ikan

Demak – Nelayan saat ini salah satu profesi yang turut terdampak covid 19 , selain harga ikan yang rendah juga perolehan tidak begitu banyak . Sehingga penghasilan nelayan menjadi rendah dan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka kesulitan. Tidak hanya kebutuhan makan harian saja juga keperluan lain seperti menyekolahkan anak dan kebutuhan harian lainnya.

Melihat kondisi ini mereka kadang tidak bisa memperbaiki peralatan untuk melaut seperti perahu dan mesin. Untuk itu pemerintah kabupaten Demak memberikan perhatian lewat Dinas Kelautan dan Perikanan dengan bantuan mesin perahu. Ditahun ini Beberapa nelayan di desa Kedungmutih menerima bantuan mesin dan diharapkan akan menambah jumlah tangkapan serta kebih efektif dan efisien dalam bekerja dilaut.

Mubin warga RT 06 RW 03 desa Kedungmutih kecamatan Wedung mengatakan , anggota kelompoknya Dadi Rukun Sejahtera sejumlah 13 orang mendapatkan bantuan mesin perahu dari DKP Demak. Dengan adanya bantuan mesin itu ia dan teman temannya bisa menggantikan salah satu mesin di perahu penangkap ikannya.

“ Kami mengucapkan terima kasih pada DKP Demak yang telah mencairkan bantuan mesin untuk anggota kelompok kami. Mesin sangat penting bagi nelayan disini dengan adanya mesin ini menambah kelancaran kami dalam melaut ,sekali lagi terima kasih “, kata Mubin Jum’at (27/11) sambil menujukkan mesin bantuan dari DKP Demak.

Hal sama juga dikatakan oleh Sukarno Ketua Kelompok Nelayan Sejahtera bersama tahun 2020 ini kelompoknya juga menerima bantuan mesin sejumlah 17 orang. Dengan adanya mesin perahu baru itu bisa menggantikan perahu yang rusak. Saat ini untuk melaut satu perahu nelayan butuh mesin 2-3 unit. Mesin baru tersebut selanjutnya dipasang di perahu untuk menggantikan mesin perahu yang sudah tua atau sering rusak.

“ bantuan mesin dari pemerintah lewat DKP berupa mesin perahu untuk kelompok kami sangat membantu kelancaran pekerjaan kami dilaut. Dengan adanya mesin ini dapat menambah hasil tangkapan anggota kami, dan efisien sebab mesin baru bbmnya masih irit dan tidak takut macet mesinya “, kata Sukarno.

Selain dua kelompok diatas masih banyak lagi kelompok nelayan yang berharap dapat bantuan dari pemerintah seperti alat tangkap ikan , dan peralatan pendukung untuk melaut seperti pelampung , bak plastic tempat ikan , teropong dan juga lampu solar cell. ( kominfo/rd)

Bagikan