Menu Close

TNI-Polri Amankan 1.216 Kotak Suara Untuk Sukseskan Pilkada

Demak – Sejumlah anggota Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak bersama anggota Polsek Mranggen melaksanakan pengamanan kotak suara di PPK Kecamatan Mranggen di Balai Desa Bandungrejo, Mranggen, Senin (07/12/2020).

PPK yang ditempatkan di Balaidesa Bandungrejo ini mendapat pengawalan ketat dari TNI dan Polri. Mereka berdiri tegap, sigap dan cermat memantau kondisi kotak suara agar aman, tidak terjadi sabotase dari pihak-pihak tertentu.

Pengamanan kotak suara itu merupakan bagian dari pengamanan surat suara mulai dari percetakan, perhitungan, pengepakan, penyimpanan dan pendistribusian hingga sampai ke tujuan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Koramil 12/Mranggen Serda Subur mengatakan, “Untuk di Kecamatan Mranggen sendiri, kita TNI dan Polri amankan 1.216 kotak suara yang nantinya akan didistribusikan ke masing-masing PPS”.

Dijelaskannya, bahwa dalam Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak, pihaknya bersikap netral, tidak memihak salah satu pasangan, dan hanya fokus pada pengamanan proses pelaksanaan Pilkada.

Selain TNI dan Polri yang bersikap netral, Serda Subur juga menegaskan bahwa PPK, PPS, dan KPPS yang tugasnya terkait proses pemungutan suara di TPS juga bersikap netral. Setiap orang yang bertugas dalam kelompok tersebut dipilih, dilatih, diawasi, dan berada langsung di bawah pengawasan KPU serta perwakilannya di setiap daerah.Seluruh kelompok tersebut tidak diperbolehkan mengarahkan para pemilih untuk memberikan suara mereka kepada salah satu kandidat. Sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan jujur dan adil.

“Kita semua harus berpartisipasi dalam suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak ini. Semoga dengan pengamanan dan pengawalan dari TNI dan Polri, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Demak dapat berlangsung aman dan lancar,” tandasnya. (kominfo/dim).

Bagikan