Menu Close

KPU Gunakan Sistem Rekapitulasi Berjenjang Untuk Tetapkan Pemenang Pilkada

Demak – Ada yang berbeda pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, Rabu (09/12/20). Jika pada Pilkada sebelumnya dilakukan perhitungan suara hingga 80%, namun pada tahun ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak tidak menyelenggarakan perhitungan suara sementara, tetapi menggunakan sistem rekapitulasi berjenjang mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga finalisasi penyelenggara di tingkat kabupaten.

Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi menyampaikan, peraturan KPU kali ini menggunakan sistem rekapitulasi berjenjang. Dengan begitu, hasil tetap perhitungan suara untuk mengetahui siapa pemenang dalam kontestasi Pilkada Demak baru diketahui pekan depan. Meskipun demikian, KPU tidak melarang jika masing-masing paslon melaksanakan perhitungan cepat.

“Pada perhitungan Pilkada Tahun ini kami menggunakan sistem rekapitulasi bejenjang, jadi hasilnya akan diketahui pekan depan pada 15 Desember 2020. Kami juga tidak melarang masing-masing paslon melakukan perhitungan cepat, namun harus diingat penetapan paslon pemenang tetap didasarkan hasil rekapitulasi akhir KPU”, kata Bambang.

Dijelaskan pada Pilkada Tahun 2020 diikuti oleh dua pasangan calon yaitu Esti’anah – Ali Makhsum dan Mugiyono – Muhammad Badruddin. Dengan jumlah TPS sebanyak 2.206 dan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 852.886 orang yang tersebar di 14 kecamatan.

Bambang Setya Budi mengatakan, berdasar monitoring KPU di lapangan, proses pemungutan suara di 14 kecamatan berjalan lancar. Di setiap TPS juga disediakan perlengkapan protokol kesehatan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Alhamdulilah proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar serta mematuhi protocol kesehatan”,ujarnya.

Bambang menambahkan, Pihaknya juga menyatakan optimis target pemilih sebesar 77,5 persen dapat tercapai dilihat dari antusiasme warga yang datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. (kominfo/ist)

 

Bagikan