Menu Close

Solusi Efektif Pemanfaatan Sampah Dengan Ekobrik

DEMAK – Ekobrik merupakan upaya untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna seperti dapat dimanfaatkan untuk pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang-barang kesenian lainnya.

 

“Ekobrik berfungsi untuk meminimalisir sampah dengan menggunakan media botol plastik bekas yang diisi sampah-sampah an-organik. Ekobrik menjadi salah satu solusi bagi permasalahan sampah plastik yang tidak dapat terurai didalam tanah”, jelas Wijiati Kasi Pengembangan Sampah, DinLH Kabupaten Demak saat memperkenalkan Ekobrik di ruang kantornya, Senin (14/12/20).

 

Dijelaskan, pemanfaat sampah ini menjadi salah satu solusi efektif  mengingat masalah sampah yang semakin mengkhawatirkan di Kabupaten Demak. Warga sering membuang sampah sembarangan dan paling parahnya membuang sampah di sungai yang berakibat terjadinya banjir.

 

“Cara membuat ekobrik tidak sulit hanya memanfaatkan botol plastik bekas minum, lalu masukkan plastik- plastik bekas kemasan ke dalam botol tersebut. Sebelum dimasukkan plastik-plastik bekas kemasan tersebut dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam botol dengan ditekan sampai botol terisi penuh dan padat, lalu ditutup dengan tutup botol hingga rapat” Ujar Wijiati.

 

Wijiati menambahkan, untuk menjaga lingkungan bebas sampah  harus dimulai dari unit keluarga. “Biasakan membuang sampah pada tempatnya mulai dari lingkungan keluarga, karena kebiasaan tersebut akan membawa perubahan yang baik bagi lingkungan kita”. (kominfo/nik/ist)

 

 

Bagikan