Menu Close

Lakukan Operasi Yustisi Untuk Cegah Peningkatan Covid-19

Demak – Personel Koramil 10/Guntur Kodim 0716/Demak bersama Polsek Guntur terus gencar melakukan sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan di wilayah. Kali ini, dibantu Puskesmas Guntur dan Staf kecamatan Guntur melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan protokol Covid-19 di Jalan raya kecamatan Guntur, Selasa (15/12/2020).

Mereka yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker, diberi sanksi ringan, seperti menyanyikan lagu Nasional, mengucapkan Pancasila dan lain sebagainya. Mereka juga diberi masker secara cuma-cuma oleh tim gabungan ini.

Danramil 10/Guntur Kapten Cba Haryono saat ditemui di kantornya mengatakan, operasi gabungan TNI, Polri, dan Satgas Covid Kecamatan Guntur sebagai bentuk pemberlakuan Penerapan Inpres No. 06 Tahun 2020 di wilayah Kabupaten Demak.

“Seperti yang kita ketahui, kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak terus meningkat. Oleh karenanya kita bekerjasama dengan Polsek gelar operasi penegakan protokol Covid-19 di wilayah Kecamatan Guntur, agar penyebaran virus ini dapat ditekan,” kata Kapten Haryono.

Menurutnya, walaupun kasus Covid-19 terus meningkat, bahkan angka kematian karena Covid juga meningkat, banyak warga yang tingkat kesadarannya masih rendah. Mereka seakan-akan acuh dan cuek dengan protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah. Bahkan tidak sedikit diantara mereka menganggap bahwa Covid-19 tidak ada.

“Hal ini tentunya menjadi salah satu pemicu meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak,” imbuhnya.

Saat ditanya tentang berapa orang yang terjaring dalam operasi, Danramil yang juga Pj Pasilog Kodim 0716/Demak ini mengatakan bahwa ada 136 orang pelanggar yang tidak mematuhi protocol kesehatan. Mereka kedapatan tidak menggunakan masker dan tidak melengkapi surat kendaraan.

“Ya mereka didata, diberikan sanksi ringan dan diberi masker secara gratis serta diberikan sosialisasi oleh tim gabungan. Semoga semakin hari kesadaran warga terus meningkat, sehingga pandemi Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Demak cepat berlalu,” tandasnya.(kominfo/dim)

Bagikan