Menu Close

WABUP TERIMA PIAGAM PENGHARGAAN KABUPATEN KOTA INFORMATIF, 5 PPID PEMBANTU TERIMA PENGHARGAAN

Demak- Setelah dinobatkan sebagai juara ke 2 oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah  kategori kabupaten kota informatif dalam kompetisi KIP Award 2020 Rabu (16/12/20). Hari ini telah diserah kan penghargaan berupa piagam dan surat keputusan ketua KIP Jateng oleh komisioner KIP Selamet Haryanto dan diterima Wakil bupati Demak Joko Sutanto di gedung Gradika Bina Praja, Kamis (17/12/20). Turut menyaksikan penyerahan tersebut Sekda Singgih Setyono, Para Asissten Sekda, Kepala Dinas Kominfo Endah Cahyarini dan Kepala OPD.

Acara penyerahan penghargaan dari Komisi Informasi tersebut dibarengi dengan penyerahan penghargaan kepada PPID Pembantu oleh Sekda Singgih Setyono selaku atasan langsung PPID kepada 5 badan publik dengan kategori menuju informatif. Meliputi juara 1 RSUD SUKA Demak, juara 2 Dinkominfo, juara 3 Dindikbud, juara harapan 1 Dinas Kesehatan, serta juara harapan 2 BKPP.

Wakil Ketua Komisi Informasi Slamet Haryanto menyampaikan, Pemkab Demak merupakan salah satu Kabupaten kota yang meraih peringkat kedua Kabupaten kota informatif, serta RSUD SUKA Kabupaten Demak mendapatkan peringkat ke 8 kategori menuju informatif.

”Selamat atas prestasi yang di dapatkan Kabupaten Demak sebagai Kabupaten Informatif serta RDSU SUKA Kabupaten Demak yang mendapat peringkat ke 8 kategori menuju Informatif “,ujarnya.

Dijelaskan, terdapat 4 tahapan penilaian dalam KIP Award 2020 yaitu tahap 1 melakukan monitoring dan evaluasi sisitem informasi pada Pemkab dan sistem informasi pada RSUD, tahap ke 2 self assesment questioner, tahap 3 visitasi dan verifikasi pada assessment yang diisi sekaligus presentasi oleh PPID utama, dan tahap 4 uji publik yang mewajibkan pimpinan badan publik untuk presentasi.

“Saya harap kalian tidak puas dengan hasil yang diperoleh, sehingga dapat meningkat kinerja secara terbuka.  Dengan peringkat yang didapatkan bisa menjadi cambuk untuk membuat tata kelola keterbukaan informasi yang benar”,kata Slamet Haryanto.

Sementara Wakil Bupati Demak Joko Sutanto mengatakan, mari kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan meningkatkan keterbukaan publik.”Kalau kita menggunakan sistem yang lama kita akan mendapatkan banyak aduan dari masyarakat”.

Pihaknya berharap untuk kedepannya dapat meraih juara 1 di masa yang akan datang, “kami akan melakukan evaluasi kembali dan terus meningkatkan kinerja untuk memperbaiki kekurangan saat ini”. (kominfo/ist/rd)

Bagikan