Menu Close

PKK Demak Gelar Rapid Tes Gratis Untuk Peringati Hari Ibu

DEMAK – Rapid test gratis untuk memutus penyebaran virus Korona mengudang animo ASN/PNS dilingkungan Setda Demak, Kamis (17/12/20). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Demak dalam rangka  memperingati Hari Ibu Ke 92. Aksi  yang lakukan diperuntukan  bagi kalangan umum dan ASN Pemkab Demak yang dilaksanakan di Hall Setda Demak.

Pengurus TP PKK Kabupaten Demak, Ety Mulyoto mengatakan, rapid tes dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka deteksi dini penularan Covid-19, mengingat sampai saat ini Demak kembali masuk ke zona merah.

“Jangan sampai kita menggebu-gebu memerangi Covid-19, tetapi lalai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Ini tidar benar,”kata Ety.

Ety menjelaskan,rapid test diperuntukkan bagi 100 orang, namun jika melebihi jumlah kuota, maka akan tetap dilayani dan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan.

“Jika ada yang kedapatan positip, maka langsung di swab,”ujar Ety

Ety menambahkan, sebagai bentuk pemerataan layanan rapid test gratis, pihaknya telah menginstruksikan kepada TP PKK tingkat kecamatan dan desa untuk menginformasikan kepada masyarakat agar memanfaatkan kesempatan tersebut guna mendeteksi dini dari penularan virus corona.

“Harapannya masyarakat akan antusias mengikuti, sehingga penyebaran Covid-19 dapat dicegah,”bebernya.

Selain masyarakat umum,rapid test juga diikuti oleh ASN di lingkungan Setda Demak serta camat, diantaranya Muhammad Syahrie Camat Demak Kota dan Agung Widodo Camat Gajah.

Menurut Endra S, keikutsertaannya dalam rapid test untuk mengetahui kondisi kesehatannya, apakah dirinya reaktif atau non reaktif. Sebab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari memiliki potensi tinggi terhadap penyebaran virus.

“Untuk hasil akan diinformasikan setelah 15 menit setelah rapid, bila hasil menunjukkan non reaktif tetap bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Dan bila hasil menunjukkan reaktif kita tunggu intruksi dari tim medis apa yang harus saya lakukan,”pungkasnya. (kominfo/rd/ist)

 

 

Bagikan