Menu Close

Wajib Patuhi Protkes, Awak Media Rentan Terpapar Covid-19

Demak – Wartawan adalah salah satu dari sekian profesi yang sulit menerapkan work from home atau bekerja dari rumah selama pandemi Covid 19. Mereka harus terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang akurat dan objek foto dengan angle yang diinginkan. Maka tentu saja para kuli tinta ini adalah insan yang rentan terhadap penyebaran virus corona.

Untuk itu, mereka sangat memerlukan perilaku disiplin terhadap protokol kesehatan. Di antaranya dengan selalu memakai masker ketika bertemu dengan banyak orang, menjaga jarak atau tidak berkerumun serta rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan badan dan lingkungan.

Ketua Forum Wartawan Online Demak (FORWONEDE), Wahib Pribadi menyampaikan, wartawan Demak dalam bertugas tetap mematuhi prokes. Hal itu, merupakan sebuah kewajiban sebagaimana aturan yang ada. Dengan demikian, saat melakukan peliputan di lapangan tetap bisa menjaga diri dan kesehatan.

“Kita sebagai wartawan yang setiap hari liputan dan bertemu banyak orang atau narasumber, maka satu satunya jalan adalah tetap patuh pada prokes,” Ucapnya, Selasa 29/12/2020.

Para wartawan yang bertugas di Kabupaten Demak rata rata mengikuti program jurnalis ubah laku. Sehingga mau tidak mau selalu mengampanyekan 3 M di manapun mereka berada. Mereka sadar keberadaan para jurnalis yang selalu bertemu dengan banyak orang sangat beresiko tertular atau menulari orang lain di sekitarnya jika tak patuh protokol kesehatan.

“Selain sadar 3 M , kami juga rutin minum vitamin dan berusaha berpikir positif supaya imunitas terjaga.” Tutup Wahib (kominfo)

 

Bagikan