Menu Close

Ziarah Ke Makam Sunan Kalijaga, Siap-Siap Dijaga Aparat TNI dan Polri

Demak – Di tengah situasi pandemi, peziarah Makam Sunan Kalijaga yang berada di Kelurahan Kadilangu, Kecamatan Demak justru semakin meningkat. Terlebih saat libur panjang pergantian tahun 2021.

Untuk mengantisipasi para peziarah membludak, Babinsa Koramil 01/Demak Kodim 0716/Demak Koptu Toni K bersama Bhabinkamtibmas, anggota Linmas setempat serta pengurus makam melaksanakan pembatasan para peziarah.

Para peziarah yang sebagian besar berasal dari luar daerah Kabupaten Demak ini di batasi saat memasuki komplek makam Sunan Kalijaga.

Hanya sekitar 15 sampai 20 orang saja yang diperkenankan memasuki komplek makam, dan mereka diberikan waktu sekitar 45 menit untuk berdoa di dalam komplek. Setelah itu, gantian dengan rombongan yang lain.

“Dengan cara ini, tentu akan lebih efektif dalam menekan penyebaran virus. Dan diharapkan tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid-19,” kata Koptu Toni saat ditemui di lokasi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa setiap peziarah diwajibkan memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki komplek makam, dan tentu menjaga jarak dengan orang lain.

“Bagaimanapun juga, percepatan penanganan pandemi ini bukan hanya tugas aparat terkait saja. Melainkan tugas dan tanggungjawab seluruh warga masyarakat. Untuk itu, mari kita semua patuhi protokol kesehatan yang ada, agar pandemi ini cepat selesai,” tutupnya.(kominfo/dim)

Bagikan