Menu Close

Pantau Tanggul Sungai, Untuk Antisipasi Banjir

Demak – Curah hujan yang begitu tinggi di wilayah Kabupaten Demak khususnya Kecamatan Mranggen membuat para Babinsa Koramil 12/Mranggen bersama Bhabinkamtibmas meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam terutama banjir diwilayah binaanya.

Untuk itu, Babinsa sebagai garda terdepan Pembinaan Desa selalu sigap dan trengginas untuk mengantisipasi kejadian tersebut. Seperti yang di lakukan oleh Serda Sumyani Babinsa Desa Wringinjajar anggota Koramil 12/Mranggen jajaran Kodim 0716/Demak bersinergi bersama Bhabinkamtibmas setiap saat mengecek debit air dan tanggul sungai yang belum lama ini dilakukan penimbunan sepanjang 75 meter di Desa Wringinjajar, kecamatan Mranggen, kabupaten Demak, Minggu (05/01/21).

Di tempat terpisah Danramil 12/Mrangen Kapten Arm Sukartiyo mengatakan bahwa Babinsa nya terjun langsung kelapangan untuk memantau situasi dan kondisi wilayah serta memerintahkan para Babinsa untuk mengecek sekaligus menghimbau warga binaannya untuk mewaspadi bahaya bencana banjir.

“Kami imbau warga lebih berhati-hati dan waspada apabila curah hujan kembali tinggi yang dapat menyebabkan meluapnya air sungai ke pemukiman“ ungkap Kapten Arm Sukartiyo.

Berdasarkan pantauan Serda Sumyani , “Ia mengatakan bahwa kondisi debit air cukup lumayan tinggi. Karena di akibatkan curah hujan yang tinggi dari daerah atas sehungga mengakibatkan arus sungai dari hulu begitu deras. Untuk itu , Kami akan selalu siaga memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait, sebagai antisipasi terjadinya banjir.” ungkapnya.(kominfo/dim)

Bagikan